Joker bukan hanya musuh terbesar dari Batman, tapi juga merupakan salah satu villain paling gila, paling maniak, yang paling sulit sulit ditebak dalam cerita buku komik. Udah gak keitung lagi berapa banyak kejahatan yang dilakukan oleh Joker, mulai dari sekedar menghancurkan kota Gotham sampai yang mengancam seluruh universe yang ada di DC. Joker adalah villain paling gila.

Dengan citranya yang udah kebangun sejak lama, mungkin ada banyak diantara para fans yang berimajinasi bagaimana bila Joker bukanlah penjahat melainkan sosok orang baik. Dalam komik DC, Joker gak selamanya melakukan berbagai hal jahat. Dia juga pernah melakukan hal baik dan dianggap seperti seorang pahlawan.

Batman: White Knight

Seri komik White Knight merupakan contoh nyata yang menarik. Dalam sebuah dunia alternatif DC, Jack Napier adalah sosok dibalik nama Joker. Di dunia tersebut Joker berhasil menyembuhkan penyakit mentalnya, yang mana membuatnya tidak lagi melakukan hal jahat atau melakukan hal di luar nalar. Dia bahkan menjadi anggota kongres di kota Gotham.

Bukan lagi penjahat, Joker kini adalah orang yang mau berjuang demi keadilan dan menegakan korupsi di kota tersebut. Jika Joker adalah pahlawannya, lalu siapa penjahatnya? Tentu saja Batman. Akibat main hakim sendiri yang biasa dilakukan Batman, dia justru dianggap sebagai penjahat meskipun tujuannya baik. Justru berbagai ide menarik Joker yang membuat tingkat kriminal Gotham menurun.

Batman: Going Sane

Dalam cerita ini, Joker percaya jika dia akhirnya sudah berhasil menaklukan Batman. Dengan musuh terbesarnya kini sudah tiada, ada sesuatu yang lain muncul dan Joker kembali berubah menjadi maniak yang mengerikan. Dengan gak ada lagi alasan untuk berbuat kriminal, akhirnya mencoba untuk hidup normal untuk pertama kalinya.

Joker kemudian mengganti namanya menjadi Joseph Kerr dan benar-benar menghentikan semua kehidupan kriminalnya. Dia terlihat begitu senang dengan kehidupan barunya tersebut. Tapi, nyatanya kehidupan normal bukanlah gambaran hidup Joker. Dia kemudian kembali menjadi sosok gila, yang memaksa Batman untuk kembali muncul dan menghentikannya.

Batman: RIPD

Dirilis pada 2008 di halaman komik Batman yang ditulis oleh Grant Morrison dan Tony S. Daniel, dengan adanya hubungan cerita dengan seri Detective Comics, Batman and the Outsiders, Nightwing, dan Robin, komik ini membawa Batman yang harus menghadapi the Black Glove. Penjahat tersebut sudah merencanakan untuk menghancurkan semua yang dilindungi oleh Batman.

The Black Glove kemudian mengundang Joker untuk bergabung bersama mereka, yang mana hal itu justru menjadi sebuah kesalahan yang sangat besar. Tanpa diduga, Joker justru menghabisi mereka dan membantu tugas Batman. Setelah membunuh sebagian besar anggota the Black Glove, Joker memaksa mereka untuk mengirimkan sinyal kepada Robin, Nightwing, dan League of Assassin untuk menangkap mereka.

LEGO Batman Movie

Dalam film ini, Joker menjadi villain utamanya. Dia mengumpulkan seluruh villain yang pernah dihadapi oleh Batman, dan meminta bantuan mereka untuk mengalahkan Batman. Gak cuman villain yang pernah dihadapi oleh Batman, karakter villain lain pun diundang untuk membantu Joker. Hal itu benar-benar membuat kota Gotham menjadi sebuah sarang penjahat yang mengerikan.

Tapi, di akhir filmnya akhirnya terungkap mengapa Joker mengumpulan semua penjahat itu. Satu alasan utama adalah Joker ingin Batman mengakaui kalau dia adalah musuh terbesarnya dan dia sangat membenci Batman lebih dari siapapun. Batman selalu menganggap dia bisa melakukannya sendiri, sampai kemudian dia sadar kalau dia butuh orang lain, baik itu sidekick ataupun seorang villain. Ketika Batman akhirnya mengakui hal itu, Joker pun membantu Batman membersihkan seluruh kota Gotham.

BACA JUGA: 10 Armor Paling Useless di DC Universe!

Dark Knights: Metal

Dalam seri komik ini, DC memperkenalkan seorang villain baru yang disebut sebagai Batman Who Laughs. Dia adalah sosok penjahat yang merupakan “gabungan” antara Batman dan Joker. Karakter ini sendiri berasal dari Earth-22, yang mana universe tersebut dikena sebagai Dark Multiverse dan merupakan tempat salah satu dari tujuh versi jahat Batman.

Seri ini menjadi menarik karena Batman Who Laugh yang merupakan pahlawan yang kehilangan akal sehatnya akibat pertarungannya melawan Joker dari universenya. Batman dan Joker kemudian bekerja sama untuk menghentikan rencana jahat Barbatos, dan membantu mereka mengakhiri ancaman tersebut untuk selamanya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2