Setelah sempat kehilangan salah satu pedang terbaiknya, Shushui, akhirnya Zoro mendapatkan sebuah pedang baru pemberian Kozuki Hiyori. Zoro mengembalikan pedang Shusui kepada penduduk Wano, karena bagi mereka pedang itu merupakan sebuah harta karun berharga. Mereka bahkan beranggapan bahwa bencana besar yang muncul ke wilayah mereka adalah akibat pedang Shusui yang hilang.

Sebagai ganti atas tindakan Zoro Hiyori memberikan salah satu pedang warisan ayahnya, Kozuki Oden, yaitu Enma. Pedang ini merupakan salah satu pedang yang pernah melukai Kaido. Satu pedang lainnya, Ame no Habakiri, ada di tangan Momonosuke. Tapi, sepertinya ada kemungkinan bila Zoro juga harus “kehilangan” pedang Enma miliknya tersebut.

Zoro kemungkinan akan memberikan kembali pedang Enma kepada Momonosuke, di akhir cerita Wano setelah semuanya selesai. Mungkin banyak Geeks yang heran dengan hal ini, karena tentunya bertentangan dengan apa yang dilakukan oleh Hiyori sebelumnya. Ada alasan khusus mengapa Zoro melakukan hal tersebut. Salah satu yang paling jelas adalah hubungan yang dibangun antara Zoro dan Momonosuke.

Zoro dan Momonosuke mulai menjalin kedekatan sejak mereka meninggalkan Zou dan tiba di Wano. Zoro merupakan orang yang mengajari Momo bagaimana caranya berpedang. Hal itu menunjukan adanya sepemahaman dan juga rasa hormat dari Zoro kepada Momo yang ingin tumbuh menjadi lebih kuat. Jelas, Momo masih belum cukup kuat untuk mengalahkan Kaido, meskipun Zoro melatih Momo dengan keras. Tapi, Zoro setidaknya mempersiapkan Momo untuk menjadi seorang ahli pedang terbaik di masa depan.

Dengan mengetahui sejarah Kozuki Oden, dan Zoro menghormati hal itu, dia akan mengembalikan pedang Enma ke tangan Momonosuke. Seperti yang kita tahu, Momonosuke merupakan pewaris sejati dari kepemimpinan Kozuki Oden. Bukan gak mungkin juga Momo menjadi pemimpin wilayah Wano, meskipun ada juga peluang jika Momo akan ikut bagian jadi kru Topi Jerami.

Dengan memberikan kembali pedang Enma ke tangan Momonosuke, hal itu akan mengembalikan “keselarasan” antara Ame no Habakiri dan Enma seperti yang dilakukan oleh Oden dulu. Lalu, kalau Zoro mengembalikan Enma ke tangan Momonosuke bagaimana dengan Zoro? Apakah dia akan kembali hanya menggunakan dua pedang? Ataukah Zoro akan mendapatkan pedang baru?

BACA JUGA: One Piece: Mengenal Lebih Jauh Kekuatan Dahsyat Blackbeard

Dengan adanya Tenguyama Hitetsu, Zoro kemungkinan akan mendapatkan pedang meito terbaru. Pedang itu nantinya benar-benar akan menjadi milik Zoro yang abadi, yang akan menemani Zoro menjadi seorang ahli pedang terkuat. Jadi, Zoro tidak perlu lagi menggunakan pedang milik orang lain atau warisan orang lain. Zoro akan menjadi legenda seperti Ryuma dengan Shusui atau Oden dengan Ame no Habakiri dan Enma.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.