Joker adalah salah satu karakter paling gila dalam sejarah komik superhero. Villain dari Batman ini selalu aja ngelakuin rencana-rencana gila yang gak pernah bisa diprediksi oleh siapapun. Tapi siapa sangka kalau salah satu anggota dari Justice League bisa nyembuhin kegilaan dari Joker, walau hanya sementara waktu.

Dalam komik JLA# 15, Justice League harus berhadapan dengan Injustice. Kala itu, Lex Luthor ngegunain Philosopher’s Stone buat ngendaliin alien Jemm dan juga buat ngehadapin Justice League. Setelah berhasil ngalahin Luthor, JLA berupaya buat ngembaliin Philosopher’s Stone ke Metron, tapi ternyata batu Philosopher’s Stone yang mereka pegang adalah palsu, dan batu sesungguhnya berada di tangan Joker. Nah jadi gimana cara mereka buat ngambil Philosopher’s Stone dari tangan Joker? Well, tentu dengan memanipulasi pikirannya.

Ternyata di Bumi, Joker ngegunain batu itu buat nyiptain gangguan besar, di mana ia pengen ngebuat “orang-orang tersenyum lebar”, dari mulai Amerika Selatan sampai Asia. Ketika Joker udah mulai kekacauan di Bumi, Martian Manhunter lantas ngegunain kekuatan telepati buat memanipulasi otak Joker. Joker tiba-tiba sembuh dari kegilaannya dan ia bertanya pada dirinya sendiri, “Apa yang telah kulakukan dalam hidupku? Aku sudah gila, oh tuhan apa yang telah kulakukan?”

BACA JUGA: Kenali Wonder Warrior, Versi Lelaki dari Wonder Woman!

Martian Manhunter rupanya berhasil mengorek beberapa sisi kemanusian dari Joker, namun, hal tersebut ternyata tidak permanen. Martian Manhunter pun ngegambarin kalo isi dari pikiran Joker itu seperti “badai yang mengamuk” dan pikiran Joker udah gak bisa buat diperbaiki secara permanen. Ketika Joker menyesali perbuatannya, dan berusaha memperbaiki semuanya, Flash kemudian dengan cepat ngambil Philosopher’s Stone dari Joker dan mengembalikannya ke Metron.