Eiichiro Oda emang gak pernah berhenti buat memberikan kejutan kepada kita. Di akhir chapter 977 kemarin, kita dikejutkan oleh pernyataan dari Kaido yang menyebutkan kalau dia memiliki seorang anak laki-laki. Saat persiapan pesta makan malamnya sudah akan segera dimulai, dan para tamu sudah mulai berdatangan, Kaido sempat bertanya tentang keberadaan anaknya kepada bawahannya.

Masih belum diketahui memang, apakah anak tersebut merupakan hasil perkawinan Kaido dengan Charlotte Linlin ataukah Kaido pernah memiliki hubungan dengan wanita lain. Apa yang diungkapkan Kaido ini sempat memperkuat dugaan jika Katakuri adalah anak dari Kaido dan Big Mom. Berbagai petunjuk dari dugaan tersebut sempat dibahas dalam salah salah satu artikel.

Namun, muncul dugaan lain terkait hal ini dimana anak dari Kaido kemungkinan merupakan karakter yang baru dan sepertinya memiliki kesamaan dengan Momonosuke. Arc Wano sengaja dibangun untuk menciptakan sebuah garis perbedaan yang jelas diantara kedua sisi dari mereka yang berkonflik. Masing-masing memiliki pengkhianat, aliansi, dan juga penerus takhtanya.

Momen ini bisa jadi merupakan momen dimana kita akhirnya menemukan salah satu kelemahan Kaido yaitu sisi emosionalnya. Sebelumnya, Kaido mengalahkan Oden dengan menyerang sisi orang tua dari Oden (salah satu klan Kurozumi menyamar menjadi Momonosuke buat mengalihkan perhatian Oden).

Apakah ini bisa menjadi cara yang digunakan untuk menyerang Kaido? Apakah Kaido juga akan kalah dengan cara yang sama? Apakah Kaido justru akan memperlihatkan sisi kekejamannya dengan mengorbankan sang anak, demi kemenangannya? Seperti yang disebutkan sebelumnya, anak dari Kaido bisa jadi merupakan gambaran atau kebalikan dari Momonosuke.

Kisah Momonosuke adalah kisah tentang bagaimana seorang anak dari Kozuki Oden mencoba untuk bisa meneruskan perjuangan ayahnya, mencoba untuk bisa kuat dan dihormati seperti ayahnya dan bisa menggantikan ayahnya meskipun dia tidak lahir dengan kekuatan dahsyat seperti sang ayah. Hal sebaliknya justru dialami oleh anak dari Kaido. Dia terlahir sama seperti Kaido yaitu kuat, dan mampu menghancurkan siapa saja. Tapi, untuk alasan tertentu dia merasa kalau dia tidak pantas untuk menjadi pemimpin.

BACA JUGA: Alasan Jinbe Akan Jadi Kru Terbaik Topi Jerami!

Kita harus ingat kalau tema utama dari arc ini adalah kesetiaan atau loyalitas. Kaido berhasil mendapatkan hal itu dengan cara memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dari anak buahnya dan Luffy justru meraih hal itu dengan cara menginspirasi para bawahannya atau rekan-rekannya. Eustass Kidd dikhianati oleh aliansinya, dan Law dituduh mengkhianati aliansi Luffy dan ada mata-mata di tubuh Orochi dan Red Scabbards.

Anaknya Kaido pun sepetinya sedang mengembangkan tema ini. kapan seharusnya seseorang mewarisi kesetiaan seseorang? Apakah ketika dia sekuat ayahnya? Ketika dia memiliki darah yang sama dengan ayahnya? Atau ada hal lainnya? Kita nantikan saja ya Geeks jawaban dari misteri tentang anak dari Kaido ini di chapter selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.