Sejak pertama kali muncul pada 2008, Marvel Cinematic Universe udah berusaha dengan keras menghadirkan berbagai villain yang menarik untuk diadaptasi dari versi komik ke versli layar lebar. Berbagai nama-nama villain klasik yang jarang ditampilkan seperti the Vulture atau Thanos coba diberi kesempatan untuk populer melalui film layar lebar produksi mereka.

Hal ini tentunya membuka kesempatan bagi karakter villain lainnya yang belum mendapatkan kesempatan ini, salah satunya adalah MODOK. MODOK sendiri merupakan seorang villain yang dihasilkan dari kesalahan kelompok AIM. Dia juga dikenal sebagai villain yang paling gila dan paling aneh. Dengan adanya rumor tentang dibuatnya film Ant-Man 3, hal itu bisa jadi kesempatan bagi MODOK untuk tampil.

Siapa MODOK

Mental Organism Designed Only for Killing alias MODOK adalah sebuah percobaan yang kemudian berubah menjadi bencana. Dia pada awalnya dibuat untuk menjadi sebuah mesin komputer yang dibuat khusus untuk mengerti berbagai riset yang dilakukan oleh para ilmuwan. MODOK awalnya merupakan manusia bernama George Tarleton, yang setuju untuk merubah dirinya menjadi sebuah superkomputer. Dia merasa tidak ada yang salah dengan percobaan tersebut.

Tapi, setelah George berubah menjadi MODOK dia kemudian membunuh semua rekan-rekannya dan mendeklarasikan dirinya sebagai ilmuwan yang agung. Kemampuan dan kecerdasan MODOK hampir sama dengan The Leader, sehingga dia mampu untuk membaca apa yang akan terjadi selanjutnya berdasarkan kemampuan deduksinya. Dia juga mampu menciptakan android atau robot untuk mengelabui musuhnya.

MODOK di MCU

MODOK sebenarnya sudah sejak lama dikabarkan akan muncul di MCU, mulai dari dirumorkan muncul di Infinity War sampai di Phase 4 ini. Dengan adanya Disney Plus juga bisa menjadi kesempatan emas buat Marvel untuk memperkenalkan MODOK. Tapi, film Ant-Man 3 bisa menjadi kesempatan yang lebih besar buat MODOk untuk muncul di layar lebar.

Ant-Man bercerita tentang ilmu pengetahuan, contohnya adalah dunia Quantum atau teknologi pengecil milik Hank Pym. MODOK juga merupakan sosok yang gak jauh dari teknologi. Dengan latar belakang yang gak jauh berbeda, tentunya akan menarik bagaimana Scott Lang dan Pym Tech akan saling beradu dengan teknologi lainnya.

Bahkan, dalam film Ant-Man pertama, Darren Cross alias Yellowjacket sempat menyebutkan nama AIM sebagai pembeli yang potensial untuk menjual teknologi pengecil milik Hank Pym. AIM sendiri sudah muncul di Iron Man 3 dan dengan hancurnya program Extremis milik Aldrich Killian, membuka kesempatan untuk menghasilkan penjahat yang baru.

MODOK di Ant-Man 3

Alasan lainnya mengapa MODOK bisa jadi villain yang tepat untuk Ant-Man 3 adalah dengan tone filmnya yang ringan dan penuh dengan nuansa komedi. Meskipun MODOK memiliki penampilan yang menyeramkan dan perilaku yang beringas serta pembunuh berdarah dingin, penampilan itu pula yang sering membuat MODOK dijadikan bahan lelucon oleh para pahlawan Marvel.

MODOK pernah hampir muncul dalam film Captain America, tapi dengan tone yang serius membuat rencana untuk menampilkan MODOK pun dibatalkan. Sebaliknya, MODOK akan dirasa pas dengan film yang cukup ringan dan sering menampilkan komedi-komedi menarik seperto Ant-Man apalagi ditambah tingkah laku karakter Paul Rudd yang jenaka.

BACA JUGA: Film Eternals Jadi Debut Villain Baru!

Tidak lupa juga bahwa Paul Rudd menginginkan MODOK untuk hadir di filmnya. Dalam sebuah laporan beberapa waktu yang lalu, disebutkan kalau Paul Rudd menulis sebuah naskah untuk film Ant-Man 3 versinya sendiri. Dalam naskah tersebut disebutkan kalau MODOK yang akan menjadi villainya. Jadi, bukan pilihan yang buruk bagi Marvel untuk menjadikan MODOK sebagai villain utama di film ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.