Dengan adanya pandemi COVID-19 yang menyebar ke seluruh dunia, memaksa industri perfilman Amerika untuk menghentikan semua rencana produksi mereka. Hal ini tentunya menimbulkan efek domino dimana berbagai rumah produksi terpaksa mengundur jadwal perilisan film mereka. Ada juga yang terpaksa untuk memundurkan jadwal produksi mereka akibat pandemi ini.

Tapi, ternyata ada kabar mengejutkan muncul dari proyek kerja sama Sony Pictures dan Disney, yaitu Spider-Man 3. Film yang akan dibintangi Tom Holland tersebut ternyata tidak terpengaruh oleh adanya pandemi COVID-19. Berdasarkan laporan dari Heroic Hollywood, Sony dikabarkan masih tetap akan merilis film tersebut pada Juli 2021 mendatang.

Sebelumnya, Sony sudah mengumumkan kalau mereka akan menggeser jadwal tayang beberapa film mereka seperti Morbius, Ghostbuster: Afterlife, dan Uncharted. Dengan target penayangan pada Juli 2021 mendatang Sony dikabarkan akan memulai proses pengambilan gambar Spider-Man 3 pada musim panas mendatang tepatnya pada bulan Juli.

Waktu tersebut ternyata bersamaan dengan proses produksi dari film Black Adam, yang rencananya juga akan tayang pada 2021 nanti. Jika berkaca pada diundurnya proses produksi Black Adam menjadi Agustus atau September, proses produksi Spider-Man 3 juga bisa saja diundur ke waktu tersebut. Saat ini, di wilayah Amerika sendiri masih menjadi salah satu negara tertinggi penderita COVID-19.

Dengan jarak waktu tiga bulan rasanya tidak akan mungkin untuk mengembalikan semua aktivitas Hollywood seperti semula. Artinya ada kemungkinan jika masa darurat untuk pandemi COVID-19 di Amerika belum selesai sampai Juli mendatang, maka proses produksi Spider-Man 3 harus diundur ke bulan Agustus atau September mendatang. Sama seperti proses produksi Black Adam.

Mundurnya waktu produksi 1-2 bulan tentunya bukan hal yang buruk bagi Jon Watts, meskipun hal itu artinya waktu Watts untuk menyempurnakan filmnya menjadi sedikit. Watts sendiri sebenarnya masih bisa menyelesaikan proses produksi tepat waktu, dengan catatan kesalahan yang dibuat harus seminimal mungkin sehingga tidak perlu lagi diadakan re-shoot atau pengambilan gambar ulang yang memakan waktu lama.

Tapi, tentunya semua rencana diatas bisa saja berubah mengingat tidak ada kepastian kapan pandeminya akan selesai. Dalam situasi darurat seperti ini, tentunya semuanya menjadi tidak menentu. Gak menutup kemungkinan juga kalau film ini akan ditunda perilisannya akibat proses produksi yang tertunda cukup lama. Kita nantikan saja kabar terbaru film Spider-Man 3 dalam waktu dekat ini ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.