Film penutup Phase 3, Avengers: Endgame, sukses untuk menyelesaikan cerita Iron Man dan Tony Stark yang dibangun di tahun 2008 yang sekaligus menjadi penanda awal mula Marvel Cinematic Universe. Sayangnya, film ini gagal untuk menyelesaikan salah satu elemen penting dalam cerita Tony Stark dan Avengers, yaitu Bucky Barnes alias Winter Soldier.

Seperti yang kita tahu, dalam film Captain America: Civil War fakta terungkap – oleh Baron Zemo – kalau Winter Soldier adalah orang yang membunuh kedua orang tua Tony Stark. Pada saat itu, Winter Soldier diperintahkan untuk mengambil benda yang ada di mobil Howard Stark dan membunuh Howard beserta istrinya. Melihat rekaman tersebut, gak perlu pikir panjang Tony Stark langsung mencoba untuk menghajar dan mengalau Winter Soldier.

Tapi, “untungnya” Steve ada disana mencoba melindungi sahabatnya tersebut dari amukan Tony Stark. Di akhir ceritanya, Tony dan Steve juga Bucky berpisah dan tameng miliknya pun dia kembalikan. Di film Endgame, Tony memutuskan untuk menghentikan semua aksi pahlawan yang dia lakukan dan memilih untuk menetap bersama keluarganya.

Tapi, setelah dia berhasil menemukan alat untuk bisa kembali ke masa lalu, dia pun akhirnya memutuskan buat kembali. Yang menarik adalah Tony akhirnya memutuskan untuk “berbaikan” dengan Steve Rogers atas apa yang terjadi sebelumnya. Dia beralasan kalau dendam adalah hal yang sangat menghancurkan. Mereka pun lebih memilih untuk fokus ke tujuan utama mereka.

Meskipun dia sudah menyelesaikan masalahnya dengan Steve, Endgame gak memperlihatkan apa yang terjadi kepada Tony dan Bucky kemudian. Apakah Tony masih dendam kepada Bucky? Atau apakah Tony juga sudah memaafkan Bucky? Yang menarik adalah sebelum Tony Stark meninggal, Tony dan Bucky gak pernah berhubungan lagi setelah insiden di Civil War. Bucky baru muncul lagi saat pemakaman Tony dan saat dia membungkuk untuk menghormati Tony.

Seharusnya, dengan durasi hampir tiga jam Marvel bisa menyelesaikan permasalahan ini. Setidaknya, Marvel bisa mengikuti momen saat Peter Parker kembali bertemu dengan Tony. Meskipun hanya sesaat, setidaknya Marvel menjelaskan bagaimana akhir perseteruannya dengan Bucky, memperlihatkan kalau Tony sudah tidak menaruh dendam lagi kepada Bucky.

BACA JUGA: Simak Tampilan Disney Princess Sebagai Superhero Marvel

Apakah artinya Bucky gak memiliki kesempatan untuk menebus kesalahannya? Dengan adanya TV series Falcon and the Winter Soldier, Marvel bisa memberikan sedikit penjelasan tentang motivasi Bucky melakukan kebaikan. Dia juga bisa melakukan hal baik dengan “merawat” keluarganya, misalnya melindungi Morgan Stark atau Pepper Potts. Menyelematkannya ketika mereka dalam bahaya. Jika Marvel memutuskan buat menghadirkan kembali Morgan Stark, Marvel bisa membuat sebuah adegan dimana Bucky dan Morgan bertemu dan berdiskusi tentang Tony Stark.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.