Dari semua mesin yang ada di Universe Transformers, salah satu yang paling kuat dan penuh magis adalah Onyx Prime. Dia adalah salah satu anggota dari the Thirteen, dan merupakan kreasi dari dewa Transformers, Primus. Dengan tugas yang dia emban, Onyx Prme merupakan pelayan yang setia bagi tuannya dan dia pun mampu untuk mengakses artefak yang langka dan kuat.

Meskipun Onyx kemudian memimpin Transformers lainnya untuk menghadapi Unicron dan mereka yang menentang Primus di alam raya tersebut, komik Transformers yang diterbitkan oleh IDW memperlihatkan ada seorang villain klasik yang menggunakan identitas Onyx Prime dan mengubahnya menjadi sesuatu yang berbeda.

Onyx Prime dan the Thirteen

The Thirteen merupakan Transformers pertama yang diciptakan oleh Primus dengan tujuan untuk membantunya berperangan melawan adiknya yang jahat, Unicron, karena Primus sendiri secara fisik gak mampu untuk menandingi kekuatan saudaranya. Onyx Prime merupakan salah satu anggota kelompok ini, dan merupakan anggota yang memiliki keseimbangan yang baik dibandingkan yang lain.

Onyx lebih spiritual dan elemental dibandingkan the Thirteen yang lain, tapi meskipun begitu dia adalah Tranformers pertama yang memiliki transformasi Beast Mode, yang kemudian menjadi karakter favorit para fans dalam seri Beasts Wars. Onyx juga menjadi satu-satunya orang yang dipercaya untuk menerima Triptych Mask milik Primus. Artefak kuno itu memberikan kemampuan Onyx untuk keluar dari tubuhnya dan muncul dalam bentuk astral/arwah untuk kemudian muncul di mimpi orang lain dan berkomunikasi dengan mereka, juga mampu berkomunikasi dengan Transformers yang sudah tewas

Onyx dan Para Pengkhianat Primus

Ketika the Thirteen bertarung melawan Unicron dan berbagai musuhnya yang lain, the Thirteen harus menerima kenyataan ketika salah satu dari mereka, Megatronus, justru berkhianat dan bergabung dengan Unicron. Menghadapi orang yang dia sukai, Solus Prime, Megatronus justru dengan sadis menghabisi seluruh anggota the Thirteen. Kematian dari Solus menghantui Onyx yang selama ini juga dekat dengannya.

Akibat pengkhianatan Megatronus dan kematian Solus Prime, anggota yang selamat kemudian saling bertarung satu sama lain, yang membuat Onyx harus terluka. Dengan Solus yang sudah tidak ada lagi, Onyx akhirnya memutuskan untuk berkoban demi menciptakan planet baru dan menggunakan Triptych Mask untuk membagi ras penduduk Cybertron dari Wll of Sparks yang ada di dalam inti planetnya.

BACA JUGA: Justice League Snydercut Gali Cerita Knightmare Lebih Lengkap!

Beberapa anggota yang lain akhirnya meminjamkan tenaga mereka untuk memenuhi permintaan Onyx tersebut. Murid kesayangan Micronus dan Onyx, Optimus Prime, akhirnya memutuskan untuk melanjutkan misi kedua mentornya. Hal itu kemudian menjadi awal munculnya generasi pertama Transformers.

Shockwave dan Onyx Prime

Dalam komik Transformers yang terbit pada 2005, IDW Publishing mencoba untuk memberikan gambaran baru dari sosok Onyx Prime sebagai pemimpin dari para pengungsi planet Cybertrons saat kebangkitan Knights of Cybertron yang memaksa mereka untuk pergi. Kelompok tersebut kemudian bertemu dengan Shockwave yang secara gak sengaja dia pergi ke 12 juta tahun yang lalu setelah salah satu bagian tubuhnya rusak.

Menyadari sejarah masa lalu Onyx, Shockwave kemudian memanfaatkan kebaikan dari Onyx dan membunuhnya, kemudian dia pun berpura-pura menjadi Onyx Prime dan memimpin kelompoknya. Dengan menggunakan pengetahuannya akan masa lalu, Shockwave pun mencoba untuk menghancurkan kepercayaan dan filosofi dari para penduduk Cybertron, agar Unicron bisa lebih mudah menyerang mereka di masa sekarang. Unicron sendiri memang berhasil menghancurkan Cybertron, tapi dia berhasil dihentikan oleh Optimus Prime dengan harga yang mahal, yaitu nyawanya.