Dengan atau tanpa adanya bantuan dari Infinity Gauntlet, Thanos merupakan salah satu villain paling mengerikan dan mematikan di seluruh universe Marvel. Dia memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mengalahkan hampir semua pahlawan Marvel. Dengan kekuatannya, dia juga mampu menyerang dan menghancurkan bumi atau planet yang lain.

Tapi, meskipun dia sering kali diperlihatkan sebagai villain mengerikan Thanos nyatanya pernah menjadi penyelamat universe Marvel. Dia berhasil menyelamatkan realita tersebut dari kehancuran. Hal ini terjadi dalam mini seri Marvel: The End yang dirilis pada 2003 silam, dan dirulis oleh Jim Starlin dan Al Milgrom. Dalam komik tersebut Thanos bukan hanya menyelamatkan pahlawan Marvel yang biasanya dia lawan dan hancurkan, tapi juga menyelamatkan seluruh universe.

Apa Itu Marvel: The End?

Jutaan tahun yang lalu, para alien penjelajah berhasil menemukan sebuah benda yang memiliki kekuatan dahsyat yaitu Heart of the Universe. Benda itu juga nyatanya bisa memberikan mereka kekuatan yang sangat dahsyat. Para alien tersebut kemudian dikenal sebagai Celestial Order, mereka menyemar ke seluruh penjuru alam raya dan memberikan kekuatan itu kepada mereka yang dianggap pantas. Termasuk Akhenaten, seorang pemimpin Mesir kuno yang kejam.

Dengan kekuatan barunya, Akhenaten kembali ke masa modern Marvel Universe dan mencoba untuk mengambil alih dunia. Dia pun menunjukan kekuatannya dengan menyembuhkan berbagai penyakit yang ada di seluruh bumi. Akhenaten juga menghancurkan siapapun yang mencoba untuk menganggunya seperti pasukan kapal perang dari kerajaan Shi’ar dan menghabisi seluruh pasukan X-Men.

Dia juga menangkap orang-orang yang melakukan perjalanan waktu, mencegah mereka menyerang Akhenaten di masa lalu – termasuk Doctor Doom yang hampir sukses. Dia juga menghabisi seluruh tim Avengers dan Fantastic Four dengan mudah dan bahkan menggantung tubuh mereka di New York, sebagai peringatan kepada seluruh pemberontak lainnya.

Hanya beberapa pahlawan saja yang berhasil selamat dari serangan Akhenaten, dan beberapa pahlawan seperti Daredevil, Spider-man, Black Widow, dan Black Cat diburu oleh pasukan Akhenaten. Sementara, the Defenders – Hulk, Doctor Strange, Namor, Silver Surfer, dan Genis-Vell – didekati oleh Thanos, yang menawarkan bantuan saat mereka mencari informasi tentang bagaimana Akhenaten menjadi begitu kuat.

Saat mereka melakukan pencarian, para Pantheon atau para dewa mengawasi aktivitas dari Akhenaten tapi kemudian sebagian besar dari mereka berhasil dikalahkan. Thor dan Zeus berhasil diselamatkan oleh Eternity. Thanos dan the Defenders akhirnya menemukan lokasi Heart of the Universe. Thanos pun kemudian dengan sukarela menyerap kekuatan tersebut ke tubuhnya, namun hal itu harus dibayar mahal dengan hilangnya nyawa para the Defenders.

Thanos pun kemudian berhadapan dengan Akhenaten dan mereka berduel, sebagai sesama omnipotence. Thanos akhirnya mampu mengalahkan Akhenaten dan membiar Doom membunuh Akhenaten muda dan mengubah alur waktu. Untuk mencegah hal tersebut kembali terjadi, Thanos kemudian menggunakan kekuatannya untuk memastikan agar para Celestial Order gak pernah menemukan Heart of the Universe sejak awal.

Apa yang dilakukan oleh Thanis udah mengembalikan keseluruhan universe Marvel dan membangkitkan kembali para pahlawan, dengan hanya Thor dan para pemilik kekuatan Celestial lainnya yang mengingat apa yang sudah terjadi sebelumnya.

Bagaimana Thanos Menyelamatkan Universe

Sebelum Thanos menjadi pahlawan bagi universe Marvel, dia sempat bertarung dengan para pahlawan. Setelah pertarungan singkat, Thanos kemudian menggunakan kekuatannya untuk menyerap setiap musuhnya dan kemudian seluruh isi universe tersebut. Thanos gak menyisakan apapun di luar angkasa, membuatnya tenang dan aman dari berbagai ancaman.

Tapi, yang mengejutkan adalah ternyata ada yang selamat dari hal itu. Tidak lain adalah Adam Warlock. Ternyata selama ini dia berada di luar realita, saat Thanos menyerap semua energi, jadi Warlock selamat dari hal tersebut. dia kemudian berbicara dengan Thanos selama beberapa waktu dan meyakinkan dia untuk mengembalikan semua seperti sebelum Akhenaten muncul.

BACA JUGA: Injustice vs DCeased, Mana Universe Terkelam di DC?

Lady Death kemudian muncul dan mendekati Thanos, dia pun mencium Thanos dan berterima kasih atas pengorbanan yang udah dia lakukan untuk mengembalikan semuanya. Hanya Adam Warlock yang diizinkan untuk mengingat pengorbanan Thanos, dan dia pun mengingat hal itu dengan mengunjungi peternakan milik Thanos yang tenang dan sering dikunjungi olehnya.

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.