Jalan cerita tentang mimpi atau prediksi dari Batman – biasa disebut Knightmare – dalam cerita Batman v Superman: Dawn of Justice seharusnya memiliki peran yang integral dalam film Justice League, dan juga lima film yang udah direncanakan oleh Zack Snyder selama ini untuk DCEU. Sejak 2017 kemarin sampai saat ini, Snyder udah sering memberikan petunjuk tentang bagian-bagian mana aja yang dipotong atau yang hilang dari versi orisinalnya.

Seperti yang kita tahu, Zack Snyder sudah hampir menyelesaikan tugasnya di film Justice League sebelum kemudian Warner Bros. memecatnya dan menggantikan posisinya oleh Joss Whedon. Dalam sebuah siaran langsung di sosial media Vero, Zack Snyder sempat memberikan penjelasan tentang apa yang seharusnya terjadi dengan jalan cerita Knightmare, BvS, dan Justice League.

Darkseid menginvasi Bumi

Elemen yang paling nyata dalam jalan cerita Knightmare adalah serangan atau invasi yang dilakukan oleh Darkseid ke bumi. Hal ini memperjelas gambar dari simbol Omega yang ada di lantai gurun pasir dalam film BvS. Hal ini juga ada kaitannya dengan film Justice League dalam versi Zack Snyder. Seperti yang diperlihatkan di filmnya, justru Steppenwolf yang memimpin pasukan Parademons dalam serangan ke bumi.

Padahal, seharusnya yang memimpin serangan tersebut adalah Darkseid bukan Steppenwolf. Darkseid sendiri pada saat melakukan serangan ke bumi, tidak menggunakan nama “Darkseid” melainkan Uxas. Dalam versi Snyder, kita bakalan diperlihatkan pertarungan antara Darkseid dan Ares sebelum pasukan Apokolips pergi. Dengan elemen dalam cerita Knightmaredi BvS dan cerita Justice League versi Snyder, seharusnya Darkseid berhasil menyerang bumi untuk yang kedua kalinya dengan dampak yang lebih besar.

Superman Menyerah Pada Anti-Life Equation

Jalan cerita Knightmare juga akan terhubung dengan momen ketika Superman menyalahkan Batman tentang apa yang terjadi kepada Lois Lane. Dalam film Justice League versi Zack Snyder, seharusnya ada sebuah adegan dimana Lois Lane dibunuh oleh Darkseid di dalam Batcave. Sayangnya, para petinggi WB menganggap ide ini terlalu mengerikan sehingga meminta Snyder untuk menulis kembali ceritanya, mengingat banyaknya reaksi yang muncul dari film Batman v Superman.

Snyder menjelaskan kalau ide dari kematian Lois tersebut merupakan titik balik dari Superman, membuat dia akhirnya jatuh ke dalam Anti-Life Equation milik Darkseid dan akhirnya bergabung dengan pasukan Apokolips.

Manusia Dirubah Jadi Parademon

Parademon merupakan monster yang menjadi pasukan milik Darkseid. Mereka seharusnya muncul dalam cerita Knightmare, untuk membangun kelanjutan cerita di Justice League. Tapi, di momen tersebut juga diperlihatkan Batman yang bertarung melawan musuh manusia yang menggunakan simbnol Superman di seragam mereka dan menunduk kepada Superman ketika dia datang.

Terlepas dari banyaknya manusia yang dirubah menjadi Parademon, beberapa manusia sengaja dibiarkan tetap menjadi manusia untuk tujuan penyusupan ke kelompok pemberontak, seperti yang disebutkan oleh Snyder. Hal inilah yang diperlihatkan dalam film BvS dimana Batman ditipu dan diserang saat serah terima Kryptonite. Saat transaksi sedang berlangsung, terungkap kalau banyak diantara mereka merupakan loyalis Superman. Hal ini juga dikritik oleh petinggi WB karena dianggap terlalu menyeramkan.

Batman Memimpin Perlawanan

Seperti yang diperlihatkan di filmnya, jalan cerita Knightmare mengambil sudut pandang dari Bruce Wayne alias Batman dimana dia sudah mengadakan perjanjian untuk mendapatkan Kryptonite demi menghentikan rencana Superman. Sayangnya, dia dijebak oleh para pasukan Superman. Berkaitan dengan hal ini, Zack Snyder pernah mengatakan dalam sebuah acara pada tahun lalu kalau sebenarnya ada beberapa anggota Justice League yang selamat di dunia itu.

Mereka adalah Batman, The Flash dan Cyborg. Kelompok mereka terbagi menjadi dua, dan Batman akan menjadi pemimpin dalam pertarungan melawan serangan dari Apokolips. Yang masih belum terkonfirmasi adalah apa yang terjadi kepada Justice League lainnya saat Lois Lane tewas dan Superman menyerahkan dirinya ke Anti-Life Equation.

Dengan absennya Aquaman dan Wonder Woman, memunculkan anggapan kalau mereka sudah tewas. Sementara, dengan Zack Snyder memasukan simbol Green Lantern dan Martian Manhunter dalam desain T-Shirt Zack Snyder’s Justice League memunculkan pertanyaan tentang apa peran mereka dalam cerita Knightmare. Tapi, mengingat Batman, Cyborg, dan The Flash merupakan peluang terakhir bagi bumi bisa disimpulkan kalau Green Lantern dan Martian Manhunter juga sudah mati.

Batman Membangun Treadmill Luar Angkasa di Batcave

Snyder juga menjelaskan bagaimana para anggota Justice League di masa depan, dengan Batman yang memiliki rencana untuk mengirim kembali The Flash ke masa lalu dengan bantuan cosmic treadmill. The Flash dari masa depan akan memberikan peringatan kepada Batman tentang adanya invasi besar di masa depan. Hal ini diperlihatkan dalam salah satu adegan di film BvS.

Dalam adegan tersebut Barry muncul dari Speed force di dalam Batcave dan memberi tahu Bruce kalau Lois Lane adalah “kuncinya.” Menyadari kalau dia terlalu cepat dan terlalu jauh, Barry mengatakan kepada Bruce kalau dia benar tentang sosok Superman. Dia harus mewaspadai sosok Superman. Di akhir kalimatnya, Barry meminta Bruce untuk menemukan mereka. Batman sendiri seharusnya menyadari bahwa pesan yang disampaikan oleh Barry merupakan pertanda kalau sesuatu yang lebih gelap akan muncul di film Justice League. Tapi, adegan ini tidak ditampilkan di filmnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.