Wano merupakan tempat yang indah dengan tradisinya yang masih terjaga. Saat keluarga Kozuki menjadi pemimpin di wilayah ini, negara Wano sangat aman dan tentram. Tapi, sayangnya ada sosok yang ingin mencoba berkuasa dengan cara yang salah. Dia adalah Kurozumi Orochi. Bekerja sama dengan Kaido, Orochi akhirnya berhasil menguasai Wano.

Dibawah kepemimpinan Orochi, Wano justru berubah menjadi sebuah negara yang terpuruk dan warganya tidak bahagia. Sampai kemudian muncul Kozuki Oden yang mencoba untuk mengagalkan dan menghancurkan Orochi dan Kaido.  Sayangnya, Oden gagal untuk membunuh Kaido dan Orochi. Dia justru tertangkap dan dieksekusi dengan sadis oleh keduanya.

Meskipun begitu, Oden sempat berhasil melukai Kaido dan meninggalkan bekas luka yang masih ada sampai sekarang. Enma dan Ame no Habakiri adalah pedang yang digunakan oleh Oden untuk melukai Kaido. Sebelum Oden tewas, dia sempat memberikan kedua pedang itu kepada anak-anaknya. Enma diberikan kepada Hiyori, sedangkan Ame no Habakiri ada di tangan Momonosuke.

Tapi, Hiyori kemudian memberikan pedang Enma miliknya kepada Zoro sebagai bentuk pertukaran untuk pedang Shusui yang merupakan harta karun bagi wilayah Wano. Tersisa Ame no Habakiri yang masih ada di tangan Momo. Meskipun Zoro masih belum menguasainya, kemungkinan besar pedang Enma akan kembali memberikan mimpi buruk kepada Kaido. Hanya saja, kali ini bukan bekas luka tapi nyawa yang hilang..

Di satu sisi, pedang Ame no Habakiri juga akan memiliki perannya. Dia akan menjadi pedang yang merenggut nyawa Orochi. Ame no Habakiri sendiri bisa diterjemahkan sebagai “pembunuh ular” atau semacamnya. Secara harfiah, Ame no Habakiri merupakan pembunuh ular dari Takamagahara. Pedang ini digunakan untuk membunuh ular berkepala delapan (Yamata no Orochi), seperti yang ada di cerita legendaris Jepang.

Orochi adalah pengguna buah iblis logia, yang bisa merubah dirinya menjadi ular berkepala delapan. Jadi, pedang ini menjadi pedang yang cocok untuk membunuh Orochi seperti yang disebutkan dalam cerita legenda. Selama ini, Momonosuke selalu diperlihatkan sebagai sosok anak kecil yang penakut meskipun dia sangat ingin terlihat kuat dan tangguh dihadapan orang lain.

BACA JUGA: One Piece: Takdir Zoro Seperti Oden & Ryuma?

Jadi, rasanya akan sangat luar biasa jika dia menggunakan pedang bekas peninggalan ayahnya untuk membunuh Orochi, yang notabene adalah orang yang membunuh ayahnya. Setelah latihan keras bersama Zoro, rasanya kemampuan Momo akan bertambah dengan baik. Memang momo gak akan bertarung secara langsung dengan Orochi, tapi dia yang akan menghabisinya setelah karakter lain mengalahkan Orochi, misalnya oleh Kinemon.

Intinya adalah pedang Enma dan Ame no Habakiri, yang merupakan pedang milik Kozuki Oden, akan menarik jika digunakan untuk membunuh kedua karakter ini. Mereka adalah yang membunuh Oden. Jadi, pedang tersebut bisa membalaskan dendam tuannya dengan baik melalui tangan Zoro dan juga Momonosuke.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.