Marshall D. Teach atau yang biasa dikenal juga sebagai Blackbeard, saat ini menjadi sorotan banyak orang baik Pemerintah Dunia maupun angkatan laut. Bagaimana tidak, dia berhasil membebaskan tahanan level 6 Impel Down dan membuat mereka menjadi krunya. Selain itu, sebagian besar reputasinya dibangun oleh kejahatan yang dia perbuat. Contohnya adalah saat dia membunuh Thatch.

Dia rela membunuh rekannya demi satu buah iblis yaitu Yami Yami no Mi. Buah iblis ini memberikan kekuatan kegelapan yang dahsyat kepada Blackbeard, dimana dia bisa “menetralkan” para pengguna buah iblis lainnya seperti yang dia lakukan terhadap Ace. Tapi, ada beberapa hal menarik tentang buah iblis ini.

Pertama adalah kelemahan buah iblis ini. Yami Yami no Mi merupakan buah iblis bertipe logia, yang artinya pengguna buah iblis ini bisa berubah bentuk menjadi kekuatan yang dia miliki. Contohnya adalah Sakazuki dengan buah iblis Magu Magu no Mi atau Pika Pika no Mi milik Kizaru. Yang aneh adalah Blackbeard gak bisa berubah menjadi sebuah kegelapan utuh, dan dia merupakan satu-satunya karakter pengguna Logia yang gak bisa melakukan hal itu.

Lalu, mengapa hal itu bisa terjadi? Kemungkinan hal ini ada kaitannya dengan “kekuatan dan kelemahan natural.” Contohnya adalah Crocodile yang memiliki kelemahan dimana dia gak bisa berbuat banyak jika dia basah. Dia gak akan bisa berubah menjadi pasir jika tubuhnya basah.

Kemungkinan besar Blackbeard gak bisa berubah menjadi kegelapan seutuhnya diakibatkan oleh adanya cahaya, dalam hal ini cahaya matahari. Artinya, untuk bisa menggunakan kekuatan Yami Yami no Mi secara penuh Teach harus ada di sebuah keadaan atau situasi yang benar-benar gelap.

Hal ini kemudian bisa menjelaskan mengapa dia menutupi dirinya dengan kain raksasa berwarna hitam ketika akan mengambil kekuatan Gura-Gura no Mi dari Whitebeard. Hal itu untuk melindunginya dari cahaya, dan dengan keadaan yang gelap dia bisa menggunakan kekuatan Yami Yami no Minya secara penuh. Akhirnya, dia pun muncul kembali dengan kekuatan baru di tangannya.

BACA JUGA: One Piece: Para Karakter Non-Canon Terkuat!

Jadi, rasanya wajar kalau Yami Yami no Mi menjadi salah satu buah iblis paling berbahaya dalam cerita One Piece. Kita gak tahu seberapa besar kekuatan yang bisa diserap oleh Blackbeard. Yang pasti, selama dia berada di kegelapan dia pasti akan memiliki keuntungan ketika melawan musuh. Dan juga kita masih belum tahu, apakah artinya Blackbeard masih bisa mengambil kekuatan buah iblis lain atau tidak.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.