Jinbe akhirnya kembali bergabung bersama Luffy dan yang lainnya, setelah sekian lama menghilang dan tidak diketahui kabarnya. Terakhir kali kita melihat Jinbe adalah ketika dia mengorbankan dirinya untuk menahan serangan dari Big Mom. Pada saat itu, Luffy mencoba untuk kabur dari Totto Land namun Big Mom mengejar mereka dengan pasukannya.

Tahu Luffy dalam bahaya, Jinbe akhirnya memutuskan untuk kembali dan menahan selama mungkin pasukan Big Mom agar Luffy bisa segera kabur dan berjanji akan kembali menemui Luffy di Wano. Sempat menghilang beberapa lama, Luffy sendiri meyakini kalau Jinbe masih hidup dan ternyata Jinbe memenuhi janjinya untuk kembali dan bertemu dengan Luffy di Wano.

Tapi, yang masih jadi sebuah pertanyaan besar adalah apa yang terjadi dengan Jinbe dan yang lain di Totto Land? Apakah Big Mom sengaja tidak membunuh Jinbe dan justru Jinbe yang berhasil mengalahkan Big Mom? Atau ada skenario lain? Kita melihat Jinbe sehat dan dalam keadaan utuh. Tidak ada bekas luka atau apapun. Apa yang sebenarnya terjadi?

Ada beberapa kemungkinan untuk jawaban ini. Pertama, rasanya gak mungkin kalau Jinbe kabur dari serangan Big Mom ketika Luffy dan yang lain juga kabur. Kalau memang Jinbe lebih memilih untuk kabur dan menghindari serangan Big Mom, rasanya gak butuh waktu selama ini bagi Jinbe buat datang ke Wano. Kalau memang itu skenarionya, Jinbe rasanya bakalan lebih dulu datang ke Wano dan bukan Big Mom.

Kemungkinan terbesar adalah Jinbe dan pasukan Germa 66 bertarung habis-habisan melawan Big Mom, tapi mereka kalah. Mereka kemudian dimasukan ke dalam penjara. Big Mom kemudian membawa beberapa anggota yang penting saja untuk pergi ke Wano. Satu-satinya orang yang mampu memimpin pasukan Big Mom lainnya adalah Katakuri. Dan seperti yang kita tahu, Katakuri sekarang ada di pihak Luffy.

BACA JUGA: One Punch Man: Inilah Sosok Anak Dari Blast!

Jadi, dugaan yang paling memungkinkan adalah Katakuri sengaja membebaskan Jinbe dan Germa 66. Itulah mengapa Jinbe muncul terlambat di Wano, dan dia muncul saat serangan menuju Onigashima dimulai. Kalau memang ini benar, artinya ada kemungkinan Luffy akan mendapatkan tambahan tenaga lainnya contohnya dengan adanya bantuan dari Germa 66 atau bahkan mungkin dari Katakuri dan sebagian pasukan lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.