Franchise GTA yang dibangun oleh Rockstar sering kali memperkenalkan kita pada berbagai kota fiksional yang sangat populer. Contohnya adalah San Andreas atau Vice City. Meskipun mereka adalah kota fiksional, Rockstar selalu membangun kota tersebut dengan inspirasi kota-kota besar di dunia nyata. Berbicara mengenai kota, kira-kira dimanakah lokasi untuk game Grand Theft Auto 6 yang akan datang?

Sejak tahun 2018, banyak rumor yang berkembang kalau GTA 6 bakalan mengambil setting lokasi di Vice City, kota yang sebelumnya juga pernah digunakan dalam game GTA: Vice City. Kota yang terinspirasi dari wilayah Miami tersebut udah sangat sering disebutkan dan dirumorkan akan kembali muncul di game GTA sebelumnya. Rumor GTA 6 lainnya bahkan menyebutkan, para pemain bisa berpindah ke lokasi yang berbeda.

Dalam rumor tersebut, kota yang akan dimunculkan dalam gamenya adalah Vice City dan Liberty City, kota yang terinspirasi dari New York. Tapi, ada juga pilihan kota fiksional lainnya yang bisa digunakan oleh Rockstar untuk game terbarunya yaitu Carcer City. Kota fiksional tersebut muncul di game Rockstar lainnya, yaitu Manhunt.

Berdasar informasi yang beredar, lokasi dari Carcer City dekat dengan Liberty City dan juga Carcer City sering kali dikaitkan dengan game GTA. Di GTA V, Michael pernah menyebutkan kalau pencurian uang pertama yang dia lakukan terjadi di Carcer City, dan sebuah iklan untuk perusahaan “Carcer Storage” muncul di area gurun Grand Senora.

Bukan hanya itu, di game GTA 4 juga referensi Carcer City muncul ketika kita berkendara ugal-ugalan dan pejalan kaki akan berteriak “You’re drive like you’re from Carcer City.” Dalam game Manhunt, Carcer City adalah sebuah kota yang gak memiliki hukum. Sebuah wilayah yang punya aura yang mirip dengan kota Gotham, dengan banyaknya kekerasan antar geng yang dibiayai oleh seseorang bernama The Director.

BACA JUGA: Menebak Nasib GTA 6 Setelah Perginya Sang Penulis

Dia juga membayar para polisi untuk mengacuhkan dan membiarkan hal itu terjadi, yang kemudian memaksa James Earl Cash untuk membunuh para geng tersebut demi menyelamatkan nyawanya. Di akhir ceritanya, Cash berhasil membunuh The Director, dan apa yang dia lakukan dengan para kepolisian pun akhirnya terungkap.

Ini artinya meskipun Carcer City gak terlalu cocok untuk game GTA dengan banyaknya kekerasan yang terjadi, tapi bisa jadi ada perubahan besar dimana kekerasan memang lebih jarang namun kriminal lainnya masih tetap berjalan seperti biasa. Sehingga Carcer City bisa menjadi setting yang pas untuk GTA 6.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.