Setelah delapan musim tayang, salah satu TV series terpopuler Game of Thrones akhirnya selesai tayang pada 2019 kemarin. Bercerita tentang Iron Throne dan mencari siapa yang cocok untuk kemudian menjadi pemimpin Westeros, Game of Thrones sukses meraih banyak penonton dengan berbagai elemen unik di dalam ceritanya.

Meskipun untuk musim kedelapannya series ini banyak mendapatkan kritikan tajam, karena banyaknya hal yang dirasa kurang namun secara keseluruhan series ini tetap sangat menarik untuk ditonton. Kepopuleran GOT ternyata menginspirasi berbagai permainan papan untuk mengangkat cerita mereka, dalam sebuah permainan. Berikut adalah berbagai permainan papan yang diangkat dari cerita GOT.

A Game of Thrones Catan: Brotherhood of the Watch

Sebuah variasi dari permainan papan Settlers of Catan, A Game Thrones Catan: Brotherhood of the Watch mengharuskan para pemainnya untuk membangun kerajaan mereka di wilayah utara, berusaha untuk mengendalikan wilayah tersebut dan bertukar sumber daya untuk mengembangkan infrakstruktur mereka.

Sebagai tambahan dari setting yang terinspirasi dari Westeros ini, para pemain harus bertarung melawan Wildlings dan para raksasa sembari juga menerima bantuan dari Night’s Watch. Yang menarik adalah permainan papan ini memiliki sebuah ekspansi yang membuat jumlah pemainnya bisa bertambah lebih banyak.

Game of Thrones Risk

Papan permainan Game of Thrones Risk memiliki keunikan dimana terdapat dua peta permainan yang berbeda yang mewakili Westeros dan Essos. Kedua peta permainan tersebut bisa disatukan atau dikombinasikan, sehingga menghasilkan sebuah perang yang sangat epik sampai tujuh kerajaan yang berbeda.

Para pemain juga bisa menggunakan kartu dan unit spesial atribut masing-masing dan bisa membantu mereka untuk bisa mendapatkan kendali keseluruhan Seven Kingdoms. Dengan jumlah militer yang sangat banyak, para pemain bisa menyusun strategi untuk menghasilkan perang yang sangat besar dan epik.

A Game of Thrones: The Board Game

Berbeda dengan permainan papan yang ada dalam daftar ini, A Game of Thrones: The Board Game memberikan pengalaman bermain permainan papan yang orisinal. Dengan desain dan art yang lebih nyata yang terinspirasi dari novel karya George R.R. Martin dibandingkan versi TV seriesnya, permainan papan ini menghadirkan sebuah petualangan seolah menjelajah seluruh wilayah Westeros dan kartu pemainnya sendiri berasal dari para karakter seri novelnya.

Selama sepuluh ronde, para pemain akan saling bernegosiasi, membentuk sebuah aliansi dan membangun pasukan untuk memperbesar lagi wilayahnya sehingga mereka bisa memenangkan permainan ini. Dengan pengkhianatan dan intrik yang mungkin juga terjadi, para pemain akan dibawa seolah-olah menjadi salah satu pemimpin dari keluarga atau House di Westeros.

Game of Thrones Monopoly

Salah satu elemen yang paling banyak dilihat dalam sebuah cerita fantasi politik adalah pentingnya sebuah ekonomi. Di Westeros, para penghuni dan tuan tanah menyumbangkan uang mereka ke Iron Bank of braavos untuk mendanai para ksatria mereka dan meningkatkan pasukan. Dalam permainan Game of Thrones Monopoly pun hal serupa terjadi, dimana kita harus cerdas dalam mengelola keuangan sebelum musuh menghancurkan kita.

Dengan enam pion yang berbeda yang mewakili berbagai objek klasik dan karakter dari seriesnya, para pemain akan membeli berbagai properti dari seluruh kerajaan dan menggunakan kartu berdasarkan serinya untuk membuat musuh kita bangkrut. Jika kita berhasil membuat semuanya bangkrut, maka kita akan menjadi penguasa penuh Westeros.

HBO Game of Thrones: The Trivia Game

Geeks merasa penggemar sejati dari series Game of Thrones? Tahu berbagai hal detail tentang seriesnya? Maka, permainan ini rasanya cocok untuk Geeks beli. HBO Game of Thrones: The Trivia Game membuat para pemain harus meningkatkan wilayah mereka di seluruh Westeros dengan cara menjawab berbagai pertanyaan tribia dengan benar.

Permainan ini diambil dari empat musim pertama seriesnya, dan permainan papan ini juga memiliki 1.200 pertanyaan yang berbeda dengan berbagai level kesulitan. Geeks bisa mengatur pertanyaan tersebut secara per musim, sehingga level kesulitannya akan semakin meningkat. Dalam permainan ini, siapapun yang tahu banyak tentang seriesnya akan menjadi pemenangnya.