Eternals adalah film produksi Marvel selanjutnya setelah film Black Widow, yang penayangannya diputuskan untuk ditunda sampai situasi dunia kembali aman dari pandemi COVID-19. Karena, film tersebut rencananya akan dirilis pada akhir tahun ini – yang kemungkinan akan digeser jadwal penayangannya – membuat banyak fans MCU kemudian berusaha untuk mencari tahu, apa hubungan film tersebut dan MCU di masa depan.

Film Eternals merupakan film yang berbeda dari film MCU lainnya. Bercerita tentang makhluk kosmik yang tinggal di bumi pada jutaan tahun lalu, dan mereka tinggal kemudian membaur dengan manusia lainnya. Film Eternals juga disebut-sebut sebagai film prekuel bagi keseluruhan Marvel Cinematic Universe. Lalu, mengapa mereka belum muncul atau diberikan petunjuk tentang kemunculan mereka di film sebelumnya?

Cerita komiknya mungkin menjadi jawaban atas pertanyaan tersebut, berdasarkan salah satu teori yang berkembang diantara para fans. Marvel Cinematic Universe sendiri dimulai pada 2008 lalu dengan dirilisnya film Iron Man. Mengapa mereka belum pernah muncul sekalipun? Hal kemungkinan ada kaitannya dengan apa yang ditunjukan di komiknya, yaitu terdapat sebuah peraturan ketat yang gak boleh dilanggar dimana para Eternals gak boleh menggunakan kekuatan mereka untuk membantu manusia agar tidak mempengaruhi sejarah manusia.

Kalau kemudian teori ini benar, maka hal ini bisa menjelaskan kenapa mereka The Eternals gak bergabung dengan Captain America saat perang dunia kedua terjadi. Ini juga bisa menjelaskan mengapa The Eternals gak muncul dan gak ikut campur ketika umat manusia dalam bahaya, seperti yang diperlihatkan dalam film Avengers: Infinity War dan Endgame.

Sejauh ini gak banyak informasi tentang plot yang bisa digali, tapi satu hal yang pasti adalah mereka akan bertarung dengan ras Deviants, musuh bebuyutan mereka. Peraturan ini kemudian memunculkan pertanyaan lainnya. Kalau para Eternals memang gak muncul di masa lalu ketika manusia dalam keadaan genting, contohnya ketika Thanos menyerang bumi, lalu seberapa besar ancaman dari Deviants terhadap bumi sampai akhirnya mereka “melanggar” aturan tersebut?

Kalau ras Deviants terbukti lebih berbahaya dari Thanos, sampai-sampai mereka harus melanggar aturan mereka sendiri, artinya para Deviants ini bisa jadi musuh utama selanjutnya di Phase 4 MCU dan bahaya besar bagi bumi pun akan muncul lebih awal (berbeda dengan Thanos yang muncul di akhir Phase 3).

Teori ini juga mengajukan sebuah ide lain, yaitu adanya kemungkinan para Celestials yang kembali ke bumi. Hal itu tentunya memaksa para Eternals mau tidak mau harus bergabung dan bertarung demi mempertahankan bumi. Kemungkinan lainnya mereka juga akan bergabung dengan para Avengers demi menghadang serangan para makhluk kosmik itu.

Jika ide yang kedua itu benar, maka hal itu akan sesuai dengan apa yang diceritakan di komiknya dimana para Eternals bergabung dengan Avengers. Kemungkinan yang ketiga adalah adanya hubungan pribadi diantara diantara para Eternals. Berdasarkan bocoran plot yang sebelumnya beredar, disebutkan kalau Sersi kemungkinan akan jatuh cinta kepada karakter Kit Harrington yaitu Dane Whitman.

BACA JUGA: Artefak Terkuat Kembali Muncul di Marvel Universe!

Hal ini juga sesuai dengan apa yang digambarkan di komik, dimana Sersi dan Dane adalah sepasang kekasih. Rasa cinta mendalam Sersi membuatnya akhirnya dia mau menujukan siapa  dia yang sebenarnya kepada Dane. Apa yang terjadi kepada Sersi kepada Dane dan Eternals lainnya, memunculkan sebuah keharusan bagi para Eternals untuk mengabaikan semua peraturan yang ada dan fokus untuk melindungi bumi. Membuat semuanya menjadi personal alias pribadi. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari pihak Marvel terkait film ini ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.