Mungkin diantara Geeks sudah tahu kalau Shanks si rambut merah punya peranan penting dalam cerita One Piece. Meskipun jarang tampil, Shanks sering kali mencuri perhatian para fans  dan juga dia punya peranan penting dalam cerita. Salah satu contohnya adalah dengan “menghasut” Luffy untuk menjadi seorang bajak laut terkenal, yang membuat Garp marah akan hal ini.

Shanks juga adalah sosok yang sangat misterius, karena sampai saat ini kita belum banyak tahu tentang latar belakang Shanks selain mantan anak buah kapal Roger. Dia juga punya nilai buruan sekitar 2 milliar Belly, lebih rendah dari Big Mom, Kaido, dan Whitebeard. Tapi, yang sering menjadi pertanyaan para fans adalah mengapa banyak orang yang begitu hormat kepada Shanks?

Disadari atau tidak, Shanks sepertinya mendapatkan perhatian dan hormat dari hampir semua orang. Orang-orang juga sepertinya takut dan ragu setiap bertemu atau mendengar nama Shanks. Hanya para Yonko juga yang menganggap Shanks sebagai “orang biasa.” Bukti Shanks adalah bajak laut terkenal dan dihormati adalah banyak yang menganggap kalau dia adalah sosok legendaris, seorang Yonko yang sangat hebat.

Yang paling populer tentunya ketika cerita akhir Marineford, ketika dia menghentikan pertempuran besar tersebut. Sengoku, yang notabene adalah pemimpin markas pusat angkatan laut, mau mendengar perkataan Shanks. Dia mau menghentikan peperangan dan setuju untuk memberikan jasad Ace dan Whitebeard untuk dikuburkan di New World.

Tidak ada rasa keberatan atau tidak ada penolakan apapun. Sengoku sepakat dengan keinginan Shanks dan hal ini membuat semua orang kaget. Mengapa Sengoku mau menurti perkataan Shanks, yang merupakan Yonko atau bajak laut? Hal ini mungkin ada kaitannya dengan teori yang beredar di kalangan fans, tentang Shanks yang sebenarnya adalah seorang kaum naga langit.

Meskipun bukti yang faktual dari teori ini belum terungkap, mungkin di masa depan Oda Sensei akan memberikan lebih banyak informasi tentang masa lalu Shanks. Tapi, ada beberapa petunjuk yang memperkuat dugaan Shanks adalah salah satu kaum naga langit. Pertama adalah dia seorang bajak laut yang bebas untuk melakukan apa saja.

Apakah Geeks sadar kalau Shanks adalah bajak laut yang gak pernah diawasi pergerakannya? Selama ini, Oda sensei memperlihatkan kepada kita kalau Shanks adalah bajak laut atau Yonko yang paling “bebas” dan gak bisa diprediksi pergerakannya. Hal ini berbeda dengan Kaido, Whitebeard, dan juga Big Mom. Angkatan laut selalu waspada terhadap pergerakan ketiga Yonko lainnya.

Bahkan, mereka pun sampai membentuk organisasi khusus yaitu SWORD untuk mengawasi para Yonko, kecuali Shanks. Kemudian bukti kedua adalah ketika dia mengunjungi Mary Geoise, tidak ada keributan apapun dan Shanks pun disambut dengan baik oleh para Gorosei. Mereka bahkan menyambut Shanks layaknya seorang tamu, meskipun mereka tahu kalau Shanks adalah seorang bajak laut.

Kemudian, disadari atau tidak apa yang dilakukan oleh Shanks sebenarnya juga dilakukan oleh Donquixote Doflamingo. Seperti yang kita tahu, Doflamingo adalah salah satu keturunan kaum naga langit. Dia bebas melakukan apapun yang dia mau, gak ada orang yang bisa menghentikan Doffy selain Luffy. Terakhir adalah seperti yang diungkapkan oleh Donquixote Mjosgard mengungkapkan kalau kaum naga langit gak semuanya jahat. Ada juga kaum naga langit yang baik, atau setidaknya dari jahat berubah menjadi baik.

Tapi, sebagian fans ada yang gak setuju dengan teori ini. Mereka yang gak setuju dengan teori ini beranggapan kalau apa yang membuat Shanks dihormati murni karena mereka mereka kagum akan kekuatannya. Dari segi kekuatan memang Shanks gak bisa diremehkan, meskipun dia gak punya kekuatan buah iblis. Tapi, jangan pernah meremehkan kekuatan Haki dari Shanks yang bisa jadi adalah pengguna Haki yang paling kuat setelah Rayleigh.

FOLLOW US