Portgas D. Ace merupakan anak dari raja bajak laut Gol D. Roger dan pasangannya Portgas D. Rogue. Rogue meninggal ketika melahirkan Ace, dimana sebelumnya Rogue sengaja menyimpan kandungannya selama 18 bulan. Hal ini tentunya gak wajar buat seorang wanita, tapi hal ini terpaksa dilakukan karena Roger dan keluarganya menjadi incaran dunia.

Sebenarnya, ketika berpetualang mencari Laugh Tale Roger masih belum mempunyai anak. Baru ketika seluruh krunya dibubarkan, dia memiliki anak. Seperti yang diungkapkan kepada Rayleigh bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah generasi yang baru. Tapi, sayangnya Geeks tentunya tahu ketika Ace masih dalam kandungan Roger harus dihukum mati oleh angkatan laut.

Yang menarik adalah Roger menitipkan Ace pada Garp, yang notabene adalah musuhnya dan seorang angkatan laut. Padahal, dia mempunyai sosok Rayleigh yang merupakan tangan kanan atau orang kepercayaannya? Lalu, mengapa Roger gak menitipkan ace kepada Rayleigh? Ada beberapa kemungkinan yang bisa jadi alasan Roger memutuskan buat menitipkan Ace kepada Garp.

Alasan pertama karena Garp adalah teman dari Roger. Seperti yang diperlihatkan di manganya, sebelum di eksekusi mati Roger sempat berbincang dengan Garp mengenai hal ini. Garp sendiri sempat menolak hal itu, namun Roger tetap memaksa Garp untuk mau menerima hal itu. Bukan berarti Roger gak memikirkan Rayleigh sebagai opsi utama untuk hal ini.

Ketika kelompok bajak laut ini dibubarkan, Rayleigh tentunya udah percaya terhadap krunya yang lain. Mereka tentunya bisa menjaga diri mereka masing-masing. Tapi, mereka punya dua orang anak muda yang masih kurang pengalaman dalam hal bertarung yaitu Buggy dan Shanks. Oleh karena itulah Roger paham bahwa Rayleigh mungkin akan memiliki beban besar karena harus melatih mereka berdua. Bila Rayleigh harus juga menjaga Ace, mungkin bebannya akan bertambah.

Rayleigh juga sepertinya bukan orang yang bisa akrab dengan anak-anak, karena gaya hidupnya yang lebih senang menyendiri dan lebih senang berpetualang. Jadi, satu-satunya opsi terbaik adalah dengan menitipkannya kepada Garp – meskipun pada akhirnya Garp menitipkannya kepada Dadan. Alasan lain adalah karena Garp bukanlah angkatan laut biasa.

Seperti yang kita tahu, Garp, Sengoku, Aokiji gak sama dengan dengan Sakazuki, Kizaru, dan sebagian besar angkatan laut lainnya yang memegang teguh keadilan absolut. Garp adalah salah satu yang lebih berpegang kepada keadilan moral. Artinya Garp tetap memperhatikan sisi moral dari lawannya, meskipun dia adalah musuhnya contohnya adalah dengan terpaksa mau merawat Ace.

Garp melihat hal ini dari sisi kemanusiaan, dari segi moral dalam dirinya. Hal inilah yang membuat Roger percaya kepada Garp. Buktinya adalah Ace dan Luffy sama-sama dicintai oleh Garp, terbukti dengan Garp yang hampir menghajar Sakazuki yang membunuh Ace. Dia juga sedih karena gak bisa berbuat banyak ketika Ace akan dieksekusi oleh angkatan laut.

Dan yang lebih utama lagi adalah keselamatan dari Ace itu sendiri. Roger meyakini bahwa anaknya bisa meneruskan petualangan atau apa yang udah dimulai oleh ayahnya. Kita tahu bahwa kedatangan Roger ke pulau Laugh Tale masih terlalu cepat, sehingga menjadi tugas orang terpilih dari generasi selanjutnya yang harus menyelesaikan tugas itu dan Roger percaya kalau Ace adalah orangnya.

Jika Ace bersama dengan Rayleigh, keselamatannya tidak akan terjamin. Rayleigh memanglah orang yang kuat, tapi Ace tentunya tidak sekuat itu. Jika bersama dengan Garp, angkatan laut gak akan tahu tentang keberadaan Ace sehingga nyawanya bisa aman meskipun pada akhirnya saat dewasa dia tahu tentang fakta yang sebenarnya. Jadi, intinya adalah Roger sudah melakukan pertimbangan yang matang sebelum menitipkan Ace kepada Garp. Semuanya demi keselamatan dari Ace sendiri.

FOLLOW US