Dunia One Piece memiliki kemiripan besar dengan dunia nyata. Mereka memiliki sebuah kelompok besar yaitu Pemerintah Dunia, yang mengatur seluruh aturan yang berlaku di seluruh wilayah. Mereka juga punya pasukan angkatan laut, yang menjadi pasukan terdepan ketika menghadapi berbagai ancaman masyarakat, khususnya dari para bajak laut. Mereka juga punya sebuah organisasi rahasia yang biasa melakukan tugas khusus.

Geeks tentu tahu tentang Cipher Pol. Organisasi rahasia ini dimunculkan di awal cerita, khususnya saat Luffy mencoba untuk menyelamatkan Robin dalam arc Enies Lobby. Cipher Pol merupakan sebuah organisasi rahasia yang dimiliki oleh Pemerintah Dunia. Tugas dari Cipher Pol adalah melakukan berbagai spionase, mencari berbagai informasi atau investigasi, dan menghabisi target sesuai arahan dari Pemerintah Dunia.

Cipher Pol sendiri memiliki delapan “pos” yang terdiri dari CP1 sampai CP8. Sedangkan dua kelompok Cipher Pol lainnya, CP0 dan CP9, merupakan unit yang tidak resmi. CP0 merupakan unit yang paling kuat diantara semuanya, bahkan unit ini memiliki kemampuan yang melebihi dari unit yang biasa bertugas untuk melaksanakan pembunuhan yaitu CP9. Menurut Robin, gak ada kelompok yang bisa lolos dari kelompok ini. Mereka bekerja langsung dibawah arahan dari kaum naga langit.

Kemudian kita juga mengenal SWORD, sebuah organisasi rahasia yang dibentuk oleh markas pusat angkatan laut dan dipimpin oleh seorang mantan Admiral, yang juga salah satu anggota worst generation X Drake. SWORD biasanya beroperasi secara diam-diam, melakukan penyamaran untuk mengawasi aktivitas dan pergerakan dari Yonko.

Dalam chapter sebelumnya diperlihatkan kalau Koby dan X Drake saling menghubungi untuk memberi informasi penting, dan berbagai perkembangan yang terjad di Wano. Yang menarik dari SWORD adalah besar kemungkinan jika organisasi rahasia milik angkatan laut ini bergerak tanpa sepengetahuan dari Pemerintah Dunia. Gak banyak juga orang yang tahu tentang aktivitas mereka, bahkan mereka juga berada di luar radar dari Gorosei.

Karena mereka beroperasi secara rahasia, mereka biasanya menggunakan kode-kode tertentu dalam berkomunikasi dan menggunakan saluran denden mushi yang aman untuk bertukar informasi. Bukti nyata dari “senyapnya” organisasi ini adalah ketika Kizaru menghajar Drake, saat mereka datang ke wilayah Sabaody.

Berbicara tentang nama, masih belum diketahui apa kepanjangan atau arti dari SWORD. Sedangkan untu Cipher Pol, mereka sebenarnya memiliki nama lengkap Cipher Pol Aigis Zero. Kata, Aigis, sendiri berasal dari kata Aegis, yang dalam mitologi Yunani kuno berarti sebuah tameng atau pelindung. Hal ini sepertinya menunjukan, kalau ada sebagian besar pihak angkatan laut yang memiliki perbedaan pandangan tentang politik mereka terhadap Pemerintah Dunia.

BACA JUGA: Marvel Universe: 10 Member Pym Family Terkuat!

Para fans sendiri sudah berspekulasi kalau angkatan laut seperti Sengoku, Garp, dan Kuzan mungkin juga terlibat dan menjadi bagian dari organisasi SWORD. Mereka sebenarnya gak setuju dengan seluruh sistem dan seluruh birokrasi yang berjalan. Mereka juga gak menganut paham keadilan absolut, melainkan keadilan moral. Hal ini kemudian memunculkan pertanyaan besar: apakah kedua organisasi ini akan juga terlibat dalam pertempuran besar di Wano? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

FOLLOW US