Tony Stark emang jadi salah satu karakter genius di Marvel Universe. Tony emang selalu bisa ngebuat berbagai hal yang sebelumnya gak pernah dipikirin sama orang lain. Dari mulai armor sederhana yang dibuat dari bahan alakadarnya, sampe dengan armor berteknologi super canggih yang pernah ia buat. Tony Stark emang udah ngebangun dan ngegunain banyak banget armor berbeda dan unik di seluruh MCU. Tapi sebenernya para penggemar Iron Man dalam filmnya cuman ngeliat beberapa armor aja, padahal dalam komik, Tony juga punya beberapa armor keren lainnya, padahal armor ini bisa diperkenalin di MCU. Berikut adalah beberapa armor komik paling keren yang sayangnya gapernah muncul di MCU.

Endo-Sym/Superior Armor

Dalam event Axis pada tahun 2014 lalu, beberapa pahlawan emang udah kehilangan moral mereka. Dalam kasus Tony Stark, ia kembali jadi sosok yang egois sama seperti saat ia belum menjadi superhero. Dalam event tersebut, Tony ngebantu memperbaiki kehidupan dari masyarakat San Francisco, tapi ia ngebebanin harga yang mahal buat hal tersebut. Event ini juga ngasih liat armor baru yang dikenal bernama Endo-Sym atau Superior Armor.

Armor ini sebenarnya ngadaptasi dari jaringan dalam tubuh Venom dan Carnage, dan armornya dibangun dari logam cair yang sewaktu-waktu bisa mengeras. Jadi sederhananya, armor ini pada dasarnya merupakan armor simbiotik yang sistem penggeraknya nyatu dengan sistem syaraf Tony Stark. Seandainya Tony Stark selamat dari Engame, dan dengan kabar adanya film crossover Spider-Man dan Venom, Tony mungkin aja jadi tertarik dengan symbiotes, dan mungkin aja dia bakalan ngembangin armor ini pada akhirnya.

Destroyer Armor

Armor berikutnya yang sayangnya gak pernah muncul di MCU adalah Destroyer Armor. Armor ini ngelakuin debut dalam sebuah crossover berjudul Fear Itself pada tahun 2011 lalu. The Serphent yang menjadi dewa Asgardian (dan saudara laki-laki Odin) mencoba ngerebut kembali nine realms, termasuk Bumi. The Avengers kemudian bersatu buat ngehentiin invasi dan ancaman tersebut. Nah Odin akhirnya ngasih akses khusus buat Tony Stark buat nempa logam Uru, yang merupakan bahan dasar dari palu Thor.

Tony kemudian ngebuat beberapa senjata baru yang juga dipake sama superhero lain seperti Captain Marvel, Wolverine, dan Spider-Man. Yang menarik nih Geeks kalo sebenernya Tony gak merancang armor ini. Dia cuman ngejeburin diri ke dalam tong yang berisi logam cair Uru sampai logam itu nutupin semua armornya menyerupai Destroyer.

Destroyer sebenernya pernah muncul di film pertama Thor. Seperti yang diungkapin dalam film Avengers pertama, SHIELD sebenernya ngambil sisah-sisa armor Destroyer dan ngebuatnya menjadi sebuah senjata besar, yang dipegang sama Agen Coulson tepat sebelum kematiannya di tangan Loki. Mungkin, orang bisa membayangkan skenario alternatif di mana SHIELD mengajak Tony Stark buat ngebuat armor Destroyer. Dengan cara itu, armor ini mungkin bisa masuk MCU.

BACA JUGA: 15 Karakter Marvel Yang Bisa Lenyapkan Celestial!

Armor Iron Sorcerer

Terakhir adalah armor Iron Sorcerer. Armor ini berasal dari cerita What if? pada tahun 1980-an. Bagaimana jika Tony Stark menjadi Sorcerer Supreme seperti layaknya Doctor Strange? Dalam komik ini, armor Iron Sorcerer dibuat sepenuhnya dari sihir, dan diciptain buat nambah dan ningkatin kekuatan dari Tony. Dalam ceritanya sendiri, Tony dan Stephen Strange terlibat dalam sebuah kecelakaan parah.

Hal itu ngebuat Strange terluka parah, dimana syaraf-syarafnya mengalami gangguan. Akibatnya, Strange gak bisa ngeluarin berbagai kekuatan sihir miliknya. Sebenarnya nih Geeks, armor ini hampir muncul di film Infinity War, di mana Tony ngeluarin armor itu buat nyelamatin Strange. Tapi sayangnya, pihak Marvel enggak masukin bagian ini kedalam filmnya.

FOLLOW US