Battle royale atau bertahan hidup sampai akhir, adalah tema yang sepertinya menjadi salah satu favorit banyak orang dalam beberapa tahun belakangan. Buktinya ada banyak game yang bertema battle royale muncul, dan menjadi pilihan banyak orang. Tapi, dalam industri film sebenarnya tema battle royale ini udah ada sejak dua dekade lalu.

Film-film dengan tema battle royale biasanya banyak menampilkan unsur darah, adegan-adegan mengerikan, sampai berbagai unsur gore. Wajar kalau kemudian film bertema battle royale memiliki rating dewasa. Lalu, apa saja film-film menarik bertema battle royale?

Battle Royale

Film produksi Jepang, Battle Royale, adalah pencetus dari ide tentang battle royale ini. Film yang dirilis pada tahun 2000 ini berkisah tentang pelajar SMA yang mencoba untuk bertahan hidup, dengan cara membunuh satu sama lain. Film ini sendiri diadaptasi dari novel laris Jepang dengan judul yang sama karya Koushun Takami, yang dirilis pada 1996.

Sebanyak 42 murid dikirim ke sebuah pulau terpencil di wilayah Jepang. Mereka diberikan makanan, peta, dan berbagai senjata. Sebuah kalung peledak menempel di leher masing-masing murid, dimana buat mereka yang gak mematuhi aturan kalung itu akan meledak. Ternyata dalang dibalik ini semua adalah pemerintah Jepang yang totaliter. Film ini sempat dilarang untuk tayang di berbagai negara, dan bahkan tempat pengambilan gambarnya sendiri menjadi salah satu tempat terseram.

The Condemned

Film The Condemned dirilis pada 2007 silam, dan dibintangi oleh sederet artis dan bahkan bintang gulat seperti Steve Austin. Film The Condemned sendiri diproduksi oleh rumah produksi Lionsgate dan disutradarai oleh Scott Wiper. Film ini berkisah tentang para tahanan hukuman mati di sebuah penjara yang “dibeli” oleh seorang pengusaha yang sangat kaya raya.

Mereka akan dikirimkan ke sebuah pulau, dan dibiarkan untuk saling bertarung dan membunuh satu sama lainnya di pulau tersebut. Yang mengerikannya adalah semua adegan tersebut direkam dan disiarkan ke seluruh dunia, mirip seperti adegan dalam film Death Race. Film ini bisa dibilang film yang sangat flop karena dengan ongkos produksi yang mencapai 20 juta dollar, mereka hanya mendapatkan sekitar 9 juta dollar saja.

The Hunger Games

The Hunger Games mungkin bisa dikatakan merupakan film bergenre battle royale yang paling sukses. Bagaimana tidak, film ini udah dibuat sebagai sebuah franchise besar dan menghasilkan beberapa film. The Hunger Games sendiri berkisah tentang 24 remaja yang saling bertarung dalam pertandingan the Hunger Games. Mereka bertarung mewakili distrik mereka masing-masing.

Film ini sempat dituduh meniru film Battle Royale yang diproduksi negara Jepang. Hal ini berdasarkan plot cerita yang cenderung sama. Namun, film ini memiliki beberapa perbedaan dengan film “aslinya” yaitu adanya perkembangan dari masing-masing karakter. Juga yang menarik adalah di film ini gak melulu menceritakan tentang pertandingan itu. Ada unsur romantis dan drama, yang membuat film ini semakin seru.

Circle

Circle adalah sebuah film bergenre horror psikologis yang dirilis pada 2015 lalu, dan disutradarai oleh Aaron Hann dan Mario Miscione. Film ini sendiri terinspirasi dari film yang diproduksi pada 1954 yang berjudul 12 Angry Man. Film Circle sendiri berkisah tentang 50 orang yang berada di sebuah ruangan gelap dan berada di sebuah lingkaran berwarna merah.

Tidak boleh ada satu orang pun yang melanggar aturan atau mereka akan mati. Mereka disuruh untuk menentukan siapa yang pantas untuk mati, dan siapa yang pas untuk hidup. Banyak drama yang terjadi di film ini, yang membuat para penonton pun ikut merasakan ketegangan dari film ini.  Kita bahkan seolah diajak untuk memilih siapa yang pantas untuk dieleminasi selanjutnya.

The Beiko Experiment

Bagi sebagian orang, kantor adalah sebuah tempat yang nyaman untuk bekerja. Kantor juga menjadi sebuah tempat yang nyaman untuk bersosialisasi dengan rekan lainnya. Tapi, bagaimana jadinya kalau kantor menjadi sebuah arena pertarungan untuk menentukan hidup dan mati. Inilah yang coba ditunjukan dalam film The Beiko Experiment yang dirilis pada 2016.

Sebanyak 80 karyawan di sebuah perusahaan dikurung secara paksa, dan terisolasi dari dunia luar. Mereka dipaksa harus saling membunuh satu sama lainnya, sampai ada tersisa beberapa orang saja. Buat mereka yang menolak untuk membunuh rekannya, mereka akan dibunuh secara paksa. Yang menarik dari film ini adalah adanya berbagai karakter yang menonjol yang membuat kita ikut “menghakimi” karakter tersebut.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

FOLLOW US