Monkey D. Luffy adalah calon raja bajak laut dan juga protagonis utama dalam cerita One Piece, karya Eiichiro Oda. Menjadi raja bajak laut tentunya gak gampang, karena ada banyak tantangan dan halangan yang sebelumnya harus dia hadapi. Untuk menghadapi tantangan tersebut Luffy butuh kekuatan yang sangat besar, karena semakin hari lawan yang dihadapi oleh Luffy akan semakin berat.

Tapi, sejak awal memang Luffy udah punya potensi kekuatan itu. Hal ini dibuktikan dengan perkataan salah satu mantan Shichibukai, yaitu Dracule Mihawk. Menurut Mihawk, Luffy bisa membuat orang-orang yang tidak dia kenal mau berjuang bersamanya. Kekuatannya lebih dari siapapun yang ada di lautan ini. Lalu, apa sebenarnya “kekuatan” yang dimaksud? Kemungkinan besar itu adalah Haki, Haki penakluk milik Luffy.

Seperti yang pernah disebutkan oleh Rayleigh, bahwa kita gak akan bisa melatih Haki penakluk seperti Haki lainnya. tapi, kita bisa belajar untuk mengendalikannya. Lalu, bagaimana caranya kita mengendalikan hal tersebut? pertama kita harus meningkatkan karakter dalam diri untuk memperkuatnya.

Jadi, karisma dan juga kepribadian seseorang akan menentukan seberapa kuat dari Haki penakluk tersebut. Dengan menjadi seseorang yang kuat secara mental, artinya kita bisa menjadi seorang “manipulator” yang sangat kuat untuk “memanipulasi”orang lain. Ketika karakter seseorang sudah sangat kuat, maka seperti yang diperlihatkan oleh Shanks dan Luffy, kemampuan Haki penakluk ini bisa membuat orang gak sadarkan diri. Haki ini bisa mempengaruhi apa yang mereka rasakan, pikirkan, dan keputusan mereka.

Seorang pengguna Haki penakluk yang sangat kuat bisa menghadirkan semangatnya yang besar serta keinginannya, dan mempengaruhi apa yang orang lain pikirkan, rasakan, dan mau melakukan apa yang diinginkan oleh si pengguna Haki. Inilah alasan mengapa banyak orang mau membantunya dan mau bergabung dengan pasukannya, meskipun sebenarnya mereka gak terlalu kenal dan gak terlalu dekat dengan sosok Luffy. Tapi, mereka percaya kepada sosok Luffy karena Luffy pun meminta hal itu.

BACA JUGA: 10 Karakter One Piece Terkuat Yang Masih Aktif

Kemampuan ini gak hanya dimiliki oleh Luffy. Contoh lainnya adalah Blackbeard, ketika dia merekrut krunya di penjara Impel Down. Untuk Blackbeard, ada pengecualian dimana dia memanipulasi pikiran seseorang disertai dengan rasa takut. Kemudian Whitebeard, yang menganggap dirinya ayah bagi para krunya dan mereka pun mau mengakui hal itu. Dan juga Roger, dimana dia mengajak orang asing untuk ikut berpetualang dan akhirnya dia pun mau bergabung dengannya. Seorang raja sejati membentuk pikiran dari orang-orang yang mengikutinya.

FOLLOW US