Goku dan para Z Fighters pernah menghadapi musuh yang paling kuat, dan antagonis terbesar yang pernah diperkenalkan dalam seri animasi Dragon Ball: Super. Tantangan terakhir yang harus dihadapi oleh Goku dan seluruh Z Fighters dalam Tournament of Power adalah Jiren. Jiren adalah petarung yang berasal dari Universe 11, dan punya kemampuan bertarung yang bahkan bisa disandingkan dengan para dewa.

Selain animenya, Dragon Ball: Super juga merilis sebuah film layar lebar yaitu Dragon ball Super: Broly, yang memperkenalkan kepada para fansnya seorang karakter bernama Broly. Broly sendiri sebenarnya adalah karakter villain dari cerita Dragon Ball non-canon. Sosok Saiyan legendaris ini bahkan ditampilkan memiliki kekuatan yang lebih dahsyat dibandingkan sebelumnya.

Sama-sama kuat, lalu siapa diantara Jiren dan Broly yang akan menang jika mereka bertarung? Jiren dan Broly sama-sama pernah dikalahkan oleh Goku dan mereka berjanji akan kembali bertarung dengan Goku, setelah mereka sudah berlatih dan jauh lebih kuat. Dengan Broly yang bisa bertarung secara ketat dengan Gogeta dalam form  Super Saiyan Blue, gak diragukan lagi kalau dia bakalan jadi lawan tangguh buat Jiren.

Satu hal yang perlu diingat adalah ketika bertarung melawan Jiren, Goku terpaksa harus melampaui batas kekuatan fisiknya yang akhirnya membuat Goku harus mengaktifkan mode Ultra Instinct miliknya. Seperti yang kita tahu, Ultra Inctinct adalah form terkuat Goku sejauh ini. Broly adalah lawan tangguh bagi Goku, bahkan dia sampai butuh karakter lainnya buat mengalahkan Broly. Tapi, Broly gak pernah memaksa Goku untuk mengaktifkan Ultra Instinct.

Hal tersebut bisa diartikan kalau Jiren jadi lawan yang menantang untuk Goku. Tapi, di sisi lain bisa jadi Super Saiyan milik Broly membuat Goku gak bisa menggunakan form terkuatnya tersebut. Broly memiliki adaptasi yang baik, dimana dia akan terus bertambahkan kuat ketika bertarung. Artinya Jiren harus sudah serius sejak awal pertarungan, agar Broly tidak bisa berkembang dan jauh lebih kuat.

Dari segi kekuatan dan kemampuan bertarung, Jiren bisa disandingkan dengan para dewa kehancuran yang ada dalam cerita. Sedangkan Broly, dalam filmnya diperlihatkan bahwa dia bahkan gak mampu buat memukul Whis yang memiliki form yang mirip dengan Ultra Instinct. Broly, sama seperti para Saiyan lainnya, dipengaruhi oleh rasa marah yang membuatnya semakin kuat jika dia marah.

Jika melihat Goku, mungkin aja dengan Broly yang marah dan kemampuannya yang meningkat, bisa membuat Jiren kewalahan. Kalau dalam sebuah pertarungan normal (tanpa form terkuat dan sebagainya), mungkin Jiren lebih memiliki keuntungan. Broly dan Jiren adalah dua musuh Goku yang sama-sama membuat Goku pernah kewalahan. Bahkan kekuatan mereka sempat membuat Beerus gak nyaman.

Namun, kesimpulan dari hal ini adalah jika keduanya bertarung maka Jiren yang kemungkinan akan memiliki peluang menang yang lebih besar. Jiren lebih memiliki latar belakang yang menarik, seperti latihan yang disimpin, serta selalu serius dan selalu berlatih secara ketat. Berbeda dengan Broly yang cenderung tidak terkendali, dan masih butuh diasah kemampuannya.

BACA JUGA: Goku Capai Level Baru Ultra Instinct!

Satu syarat penting yang harus Jiren lakukan untuk memenangkan pertarungan ini adalah dengan serius dan menghabisi Broly dari awal. Jangan pernah membiarkan Broly berkembang dalam pertarungan tersebut.

FOLLOW US