Dalam arc Wanokuni, kerja sama adalah kunci utama untuk bisa menang dalam pertempuran melawan Kaido dan juga Big Mom. Oleh karena itulah, Luffy gak bisa sendirian buat menghadapi mereka semua. Perlu ada bantuan dari semua pihak, contohnya adalah aliansi bajak laut Luffy dan kelompok lainnya. Krunya pun akan memiliki peran penting dalam pertempuran ini, terutama zoro.

Ada beberapa hal yang membuat Zoro bakalan punya peran krusial dalam arc ini. Pertama adalah peningkatan kekuatan level dari Zoro. Di arc Wano ini kita diperlihatkan bagaimana level kekuatan Zoro setelah dia berguru kepada Dracule Mihawk, meskipun gak terlalu banyak juga adegan pertarungan dari Zoro. Kedua, hubungan mendalam Zoro dan Hiyori.

Disadari atau tidak Hiyori juga punya peran penting dalam arc ini, dan Zoro koneksi yang dibangun antara Zoro dan Hiyori lebih dalam dibandingkan dengan karakter besar manapun. Ketiga adalah kebesaran hati Zoro dalam memberikan salah satu pedang kesayangannya. Seperti yang kita tahu, Shusui jadi salah satu pedang kesayangan Zoro setelah dia berhasil mendapatkannya dari zombie Ryuma di Thriller Bark.

Tapi, saat di Wano terungkap kalau sebenarnya pedang Shusui adalah pedang yang berharga bagi masyarakat disana. Hilangnya Shusui dipercaya menjadi awal bencana besar yang menimpa Wano. Oleh karena itulah Hiyori meminta Zoro mengembalikan Shusui dan menggantinya dengan pedang lain. Kebesaran hati Zoro dengan memikirkan nasib dari Wano, membuat dia akhirnya mau memberikan kembali pedang Shusui.

Artinya dengan kembalinya pedang Shusui, kutukan dan kesialan yang menimpa Wano akan hilang. Dan artinya lagi peluang Luffy, Zoro, dan yang lainnya untuk menang dalam pertempuran dan membebaskan Wano semakin besar. Zoro sendiri kemudian diberi gantinya oleh Hiyori, yaitu pedang milik ayahnya Enma. Pedang ini bukanlah pedang sembarangan, seperti yang dijelaskan oleh Tenguyama.

Untuk saat ini, Zoro emang masih belum terlalu mahir buat mengendalikan dan menguasai kekuatan pedang tersebut. Tapi, dengan adaptasi yang cepat Zoro bisa membuat pedang ini kembali jadi pedang yang bisa melukai (atau bahkan membunuh) Kaido. Banyak juga yang menyamakan Zoro dengan Rayleigh dalam hal ini, dimana Rayleigh adalah orang nomor 2 paling kuat setelah Roger.

BACA JUGA: Senjata Kuno Uranus Adalah Luffy Sendiri?

Rayleigh adalah seorang ahli pedang dan juga master Haki. Zoro memang belum menguasai semua Haki, tapi bisa dipastikan dia bakalan memiliki semua itu cepat atau lambat. Banyak teori tentang sejarah yang kembali terulang, dimana Luffy dikaitkan dengan Roger yang artinya juga Zoro adalah “reinkarnasi” dari Rayleigh. Kita nantikan aja ya Geeks peran besar Zoro dalam menghabisi Kaido di pertempuran besar Wano ini.

FOLLOW US