Master Race Armor

Cerita terakhir dari komik The Dark Knight Returns karya Mark Miller, Dark Knight III: The Master Race, menghadirkan sebuah kelompok bernama Kandorian yang mencoba untuk mengambil alih bumi. Batman mencoba untuk mencari bantuan demi bisa membantunya menghentikan ancaman tersebut. Sayangnya, Kandorians yang ternyata masih meerupakan bagian dari Kryptonian nyatanya terlalu tangguh buat para palawan bumi.

Karena gak ada pilihan lain, Batman akhirnya memaksa Superman buat ikut bergabung dalam pertempuran ini. Akhirnya keduanya kembali bertarung bersama, tapi mereka sadar mereka butuh sesuatu buat menghadapi kelompok tersebut. Batman membuat rencana dimana dia membuat sebuah kryptonite sintetis yang dimasukan ke dalam awan dan dengan bantuan Flash memanipulasi pola cuacanya, sehingga hujan yang turun bukanlah air melainkan racun kryptonite yang akan membuat Kandorians melemah. Superman dan Batman mengenakan armor khusus untuk melindungi mereka dari kryptonite dan membantu mereka menang.

Superboy-Prime Armor

Superboy-Prime dianggap sebagai salah satu karakter yang paling kuat di seluruh DC Universe. meskipun dia masih remaja, Superboy-Prime punya level kekuatan yang jauh di atas para pahlawan dan vilalin di DC Universe. Dalam cerita Crisis on Infinite Earths, Superboy-Prime sama seperti di multiverse lainnya seorang karakter yang baik. Tapi, hal itu berubah dalam cerita Infinite Crisis.

Dalam event tersebut, Superboy-Prime begitu terobsesi buat menghancurkan para pahlawan yang ada di alam raya ini, dan berubat kekacauan. Dia bahkan mengalahkan seluruh anggota Teen Titans. Seluruh Flash akhirnya bersatu untuk membawa Superboy-Prime masuk ke Speed Force. Meskipun tempat tersebut menjadi tempat yang cukup menyiksa baginya, tapi dia kembali muncul dengan sebuah armor yang menempel di badannya, sebuah armor yang mirip dengan milik Anti-Monitor. Dengan adanya perlindungan ekstra dan juga kemampuan untuk menyerap energi matahari dengan lebih tinggi, membuat level kekuatan Superboy-Prime menjadi lebih gila lagi.

Superman Unchained Armor

Dalam miniseri Superman Unchained, Superman mengetahui kalau seorang alien yang sangat kuat bernama Wraith jatuh ke bumi ratusan tahun yang lalu, dan pemerintah Amerika merahasiakan hal tersebut. Bahkan mereka juga membuat Wraith senjata yang mengerikan bagi pemerintah Amerika. Ketika Jendral Lane mengetahui kalau Superman tahu tentang keberadaan Wraith, dia memutuskan buat membunuh Superman.

Superman pun melawan balik, danbahkan menghancurkan seluruh pasukan Lane. Wraith pun muncul dan memukul Superman bahkan sampai ratusan kilometer. Superman kemudian dipengaruhi oleh sebuah kekuatan yang disebut Earthstone, membawanya kembali ke Fortress of Solitude. Lane pun kemudian muncul di markas Superman tersebut, tapi markas Superman itu gak tinggal diam. Dia membuat sebuah armor yang sangat tangguh bahkan lebih tangguh dari Superman sendiri, dan juga selain armor Superman juga mendapatkan paul dan tameng dengan kekuatan energi tersebut.

Cosmic Armor

Dengan kaburnya Mandrakk dari penjara, sang istri, Zillo Valla, meminta bantuan kepada Superman. Clark sendiri saat itu berada di rumah sakit sedang menemani sang istri, Lois Lane, yang sedang dalam keadaan koma. Zelo pun mengatakan kalau the Monitors punya sebuah obat yang bisa membuat Lois Lane kembali sadar dan sehat, dan obat itu akan diberikan kepada Superman jika dia mau membantunya.

Dengan gabungan beberapa manusia super yang berasal dari seluruh multiverse, Captain Allen Adam atau Captain Atom, menyatukan Superman dan Ultraman – Superman dari Earth 3 – dan akhirnya terciptalah Cosmic Armor Superman. Dengan tenaga yang berasal dari dua Kryptonians, Cosmic Armor Superman dijanlankan oleh kenagan, dualitas, simetris, dan seluruh kemungkinan serta probabilitas.

Dengan kekuatan yang berasal dari multiverse ada di dalam dirinya, memberikan suplai kekuatan super  kepada dirinya, Superman yang baru ini bertarung secara sengit dengan Mandrakk, makhluk yang lebih kuat dari apapun dan siapapun di multiverse DC, dan akhirnya Superman menang.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.