Siapa yang gak kenal dengan karakter Superman. Salah satu karakter terpopuler dari DC Comics ini selalu menjadi sebuah standar, buat sebuah karakter pahlawan dalam cerita komik atau berbagai medium lainya. Tapi, sama halnya dengan para pahlawan lain, Superman juga pernah mengalami perubahan yang menyesuaikan dengan cerita dan masa yang sedang berlangsung.

Perubahan tersebut biasanya terjadi dari segi kekuatan, karakter pendukung, villain, dan tentunya adalah berbagai perubahan dari segi kostum yang dia kenakan. Selama ini Superman dikenal sebagai pahlawan yang menggunakan kostum berwarna merah dan biru. Tapi, gak jarang juga Superman menggunakan armor untuk membantunya bertarung. Berikut adalah armor terkuat yang pernah digunakan oleh Superman.

Armor Matahari

Matahari adalah sumber kekuatan dari superman. Selama ada matahari, rasanya siapapun bakalan sulit buat mengalahkan Superman. Tapi, siapa sangka meskipun dia mengandalkan kekuatannya dari matahari dulu dia belum tahu tentang potensinya tersebut. Superman berusaha buat mengendalikan dan membuka potensi terbaik dari kekuatannya. Masalah lain yang harus dihadapi oleh Superman adalah kryptonite, yang membuatnya lemah.

Dalam komik Superman Confidential #11, diceritakan kalau Superman harus sekarat karena terkena paparan kryptonite, akibat ulah Lex Luthor. Meskipun tubuhnya harus menderita luka yang parah, pikirannya tetap bisa digunakan dan pada saat itu seorang alien yang menyamar menjadi ahli sejarah melakukan telepati dengan Superman. Dia berada di dalam potongan kryptonite yang membuat Superman menderita.

Setelah beberapa usaha, akhirnya dia bisa sembuh dari permasalahan kryptonite. Superman pun kemudian membuat sebuah armor matahari, dan memasukan kryponite yang membuatnya terluka ke dalam sebuah wadah beserta alien yang ada di dalamnya (atas permintaan alien tersebut). Superman kemudian pergi ke matahari untuk menghancurkan kryptonite tersebut.

New 52 Armor

New 52 merupakan sebuah perubahan besar yang diberikan kepada para karakter, yang dilakukan oleh DC Comics. Superman juga menerima perubahan ini, contohnya adalah tentang cerita originnya. Pada awalnya, Clark Kent hanya menggunakan kaos biasa dengan celana jeans, serta jubah di belakangnya. Sampai kemudian dia terlibat pertarungan dan menyerang kapal perang milik The Collector of All Worlds.

Di dalamnya ternyada ada sebuah armor Kryptonian. Armor tersebut langsung terhubung dengan DNA Clark dan akhirnya armor tersebut menjadi kostum yang digunakan oleh Superman. Armor tersebut langsung menyesuaikan dengan tubuh Clark, dan seiring berjalannya waktu Superman belajar buat merubah armor miliknya ini menjadi pakaian biasa yang dia gunakan sehari-hari.

Anti-Parasite Armor

Seorang villain bernama Parasite adalah salah satu musuh yang paling mematikan yang pernah dihadapi oleh Superman. Parasite memiliki kemampuan untuk menyerap energi kehidupan dari seseorang atau sesuatu juga kekuatan mereka, hanya dengan menyentuhnya. Bertarung dalam jarak dekat melawan Parasite adalah sebuah situasi yang sangat berbahaya.

Dalam komik Superman Earth One: Volume Two, Superman yang masih muda dan belum berpengalaman, mencoba untuk bertarung melawan Parasite dan kalah. Bahkan, dia hampir mati dalam pertempuran itu. Superman akhirnya pergi ke Fortress of Solitude dimana dia menemukan cara untuk mengalahkan Parasite yaitu dengan membuat armor anti-Parasite.

Tapi, beberapa kelemahan dari armor ini adalah Superman gak bisa menyerap tenaga matahari secara sempurna dan juga dia gak bisa mengeluarkan heat vision dari matanya. Meskipun begitu, Superman masih bisa mengalahkannya, ketika armor ini pecah dia langsung menghantam Parasite dengan pukulan terkuatnya.

Armor Metal Men

Dalam seri komik Justice, Lex Luthor dan seorang villain melihat sebuah ramalan yang menyebutkan kalau dunia akan hancur akibat seorang pahlawan gagal menyelamatkan serangan nuklir. Meskipun hal itu sebenarnya hal yang dibuat oleh Lex Luthor, Gorilla Grodd, dan Bariniac agar Legion of Doom bisa diciptakan dan Justice League akan hancur. Selain mereka bertiga, gak ada villain yang sadar kalau ini hanyalah sekedar mimpi palsu.

Brainiacs kemudian menculik sidekick para pahlawan dan memasukan cacing mekanik kecil ke otak mereka, agar mereka mempercayai mimpi tersebut. Pada akhirnya, Justice League menyadari kalau mereka butuh perlindungan ekstra, jika tidak mereka juga akan mengalami hal yang sama. Seorang pahlawan bernama Metal Men kemudian membungkuskan dirinya kepada pahlawan Justice League seperti Superman, Batman, dan yang lainnya menawarkan mereka bantuan untuk melindungi mereka dari seragan Brainiac.

Power Armor

Ketika Mxyzptik merubah Superman menjadi manusia biasa, karena konsekuensinya yang udah pergi ke dimensi kelima, Superman ternyata masih memiliki keinginan untuk melindungi Metropolis. Temannya bernama Professor Emil Hamilton kemudian membuatkan Clark sebuah Power Armor, yang membuat Clark bisa melanjutkan misinya melindungi Metropolis.

Superman pertama kali menggunakan armor ini ketika bertarung melawan Killgrave, yang berusaha untuk kabur dari sebuah penjara. Karena Superman masih belum terbiasa dengan armornya, dia pun gagal mencegah Killgrave kabur. Power Armor sendiri memang mapu memberikan Superman kekuatan super dan perlindungan.

Armornya mampu menghancurkan beton, batu bata, menahan serangan senjata api berkaliber kecil, dan bertahan ketika jatuh dari beberapa lantai. Terdapat juga sensor dalam armor ini, tapi Superman merasa kalau sensor tersebut tidak lebih baik dari super sense yang dia miliki.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2