Sepanjang karirnya sebagai bajak laut, Whitebeard udah banyak meraih kesuksesan dan pencapaian. Mulai dari peristiwa God Valley, dimana dia masih jadi kru bajak laut Rocks, sampai rivalitasnya dengan Gol D. Roger. Yang terakhir, Whitebeard menantang seluruh armada angkatan laut dalam perang Marineford demi menyelamatkan salah satu anaknya, Ace.

Tapi, dibandingkan dengan semua itu pencapaian yang paling tinggi yang pernah didapatkan oleh Whitebeard adalah menjadi pelindung bagi kelompok atau wilayah tertentu. Dalam hal ini adalah pulau manusia ikan. Mengapa Whitebeard harus melindungi manusia ikan? Apa pentingnya mereka? hal ini ada hubungannya dengan “perintah” Roger kepada Whitebeard sebelum dia dieksekusi angkatan laut.

Di akhir perjalanan mereka, para kru bajak laut Roger akhirnya bisa berhasil menuju pulau terakhir yaitu Laugh Tale. Disana dia menemukan sebuah harta karun yang disebut One Piece, yang kemungkinan ditinggalkan oleh Joy Boy. Disana, dia juga belajar tentang apa yang terjadi ketika abad yang hilang dan fakta sebenarnya tentang dunia ini. Mereka juga tahu tentang arti nama D dan senjata kuno.

Mereka tahu semua hal tersebut dan mereka tahu bagaimana semuanya saling terhubung. Ketika kru mereka dibubarkan, Roger pun berbicara banyak kepada Whitebeard. Dia bahkan sempat menawarkan Whitebeard cara untuk pergi ke Laugh Tale dan menjelaskan semua hal yang dia ketahui. Tapi, Whitebeard menolak semua penawaran itu.

Sebenarnya, langkah itu udah dirasa tepat karena meskipun Whitebeard tahu tentang semua hal yang diketahui Roger, dia tetap gak bisa berbuat apa-apa. Gak akan ada perbedaan yang bisa diberikan Whitebeard. Tapi, pada akhirnya Roger meminta Whitebeard buat melindungi pulau manusia ikan. Itulah pencapaian terbesar yang pernah diraih Whitebeard.

Whitebeard menjaga pulau manusia ikan untuk mejamin salah satu senjata kuno bisa muncul dengan aman. Dengan hal itu, dia juga ikut membantu wilayah manusia ikan terbebas dari serangan musuh. Seperti yang kita tahu, Roger tidak bisa berbuat banyak karena mereka terlalu terburu-buru untuk pergi kesana. Mereka tidak bisa berbuat banyak karena senjata kuno tersebut belum lengkap.

Shirahoshi adalah salah satu senjata kuno tersebut, yaitu Poseidon. Ketika Roger mengunjungi pulau manusia ikan buat yang kesekian kalinya, Roger dan Neptunus tahu bahwa Poseidon baru akan lahir sekitar 10 tahun lagi. Hal ini juga ada kaitannya dengan apa yang dinginkan oleh Oden, terhadap wilayah Wano. Menurut Oden dalam waktu 20 tahun kedepan, akan ada kekuatan besar yang bisa membawa kedamaian dan juga bisa mengalahkan Kaido. Hal inilah yang membuat wilayah Wano ditutup sejak dahulu, untuk mempersiapkan kekuatan terbesar ini.

BACA JUGA: Siapa Sosok Dibalik Nemesis Resident Evil 3?

Siapa sebenarnya yang ditunggu atau siapa kekuatan besar tersebut? sudah jelas kalau itu adalah Luffy, dan seluruh krunya. Pulau manusia ikan memiliki keterkaitan dengan abad yang hilang. Wilayah tersebut dijanjikan oleh Joy Boy untuk diangkat ke daratan, tapi sayangnya Joy Boy tewas sebelum dia melaksanakan janjinya. Luffy, seperti yang banyak spekulasi beredar, akan jadi orang yang menyelesaikan janji tersebut. Dan berkat Whitebeard, Poseidon tumbuh dengan aman dan tentram.