Kelompok bajak laut Shanks si rambut merah memang penuh dengan misteri, meskipun mereka adalah kelompok bajak laut pertama yang diperkenalkan dalam cerita One Piece. Kru bajak laut Shanks tida seperti kru bajak laut Yonko pada umumnya, punya banyak armada dan divisi komando. Shanks hanya punya satu kapal saja, yang digunakan olehnya dan juga para krunya.

Tapi, meskipun Shanks gak seperti kebanyakan para Yonko lainnya bukan berarti mereka lemah. Kekuatan mereka yang masih misterius, sepertinya sengaja disembunyikan oleh Oda Sensei sampai waktunya tepat. Namun, ada beberapa momen yang memperlihatkan sedikit kemampuan mereka, terutama kemampuan tentang Haki mereka. Memang, bisa dibilang kemungkinan besar seluruh kru dari Shanks si rambut merah punya kemampuan Haki.

Contoh pertama adalah ketika Shanks ditodong pistol oleh bajak laut lainnya, ketika mereka sedang bersandar di sebuah pulau. Dalam sekejap, Lucky Roo, yang jaraknya jauh dari kapal dan daratan tiba-tiba ada di samping Shanks. Hal ini membuktikan kalau Roo punya kecepatan yang dahsyat, terlepas dari badannya yang gemuk. Bisa jadi, badan gemuk tersebut sengaja untuk menyimpan tenaganya dalam mempersiapkan keadaan yang genting.

Level kecepatan tersebut gak bisa dilakuin oleh manusia biasa, level yang paling bawah pun, seperti Soru, hanya bisa dilakukan oleh mereka yang punya kemampuan Haki. Artinya Roo punya kemampuan Haki yang jauh diatas Soru. Kemudian saat perang besar Marineford pecah, ketika Luffy yang gak sadarkan diri akan dibawa oleh Law untuk dirawat, Kizaru mencoba mengejarnya.

Beruntung, Ben Beckman yang duduk di tiang kapal mencoba mengancamnya dan Kizaru pun sampai angkat tangan. Kizaru juga sempat memperlihatkan “kekagumannya” akan sosok Ben Beckman. Hal ini menunjukan kalau Kizaru tahu, Ben Beckman bisa membunuhnya dengan senjata tersebut dan hal itu hanya bisa dilakukan oleh mereka yang punya Haki. Dengan menggunakan Haki, mereka bisa menahan bentuk asli dari pengguna buah iblis logia.

Satu hal yang menarik dari detail ini adalah keduanya sama-sama menggunakan pistol. Berbeda dengan kebanyakan karakter, dimana Haki dialirkan kepada pedang atau senjata lainnya. Mayoritas dari kru Shanks sepertinya lebih mahir menggunakan senjata api, dibandingkan dengan menggunakan senjata lainnya seperti pedang. Tapi, hal itu juga sama berbahayanya apalagi jika dialiri dengan kekuatan Haki.

Seperti yang kita tahu, Haki bisa dialirkan ke senjata yang digunakan. Contohnya adalah Black Sword dan juga panah dari suku Kuja. Hal ini juga sama dilakukan oleh kru Shanks. Senjata api adalah salah satu senjata paling berbahaya. Dan sekarang mereka menambahkannya dengan Haki, yang artinya senjata tersebut jadi jauh lebih berbahaya lagi. Daya tahan, daya hancur, dan elemen lainnya tentu akan mengalami peningkatan yang pesat.

Kesimpulannya adalah seluruh kelompok bajak laut Shanks, sepertinya mengandalkan kemampuan Haki mereka dalam bertempur, terutama Armament Haki. Dan hal ini juga sepertinya memberikan gambaran tentang pertarungan besar, yang diramalkan akan muncul yaitu Blackbeard vs Shanks. Haki melawan buah iblis. Siapakah diantara mereka yang akan menang? Kita nantikan saja ceritanya ya Geeks!