Palu milik Thor, Mjolnir, adalah sala satu senjata terkuat yang ada di Marvel Universe. Sebagai salah satu sumber kekuatan milik Thor, merupakan sebuah artefak dari masyarakat Asgardian yang memiliki kekutan sang dewa petir. Jadi, gak semua orang bisa mengangkat atau menggunakan palu ini. Hanya mereka yang dianggap pantas yang bisa menggunakan Mjolnir.

Meskipun para superhero, seperti Avengers, sering melakukan kebaikan dan melakukan berbagai hal lainnya hal itu gak bisa serta merta membuat mereka bisa menggunakan Mjolnir atau bahkan sekedar mengangkatnya doang. Meskipun begitu, ada juga beberapa Avengers yang ternyata bisa mengangkat dan menggunakan Mjolnir. Siapa aja?

Captain Marvel

Sebenarnya, meskipun Captain Marvel disebut sebagai salah satu Avengers terkuat dengan kekuatan kosmiknya yang dahsyat dia pada awalnya gak bisa mengangkat palu Mjolnir. Carol Danvers baru bisa mengangkat Mjolnir dengan sebuah persayaratan khusus, yaitu dengan adanya DNA Thor dalam dirinya. Hal ini seperti yang diperlihatkan dalam komik Captain Marvel #16 kemarin.

Dalam komiknya, Carol berusaha buat menghentikan usaha dari Vox Supreme untuk membuat ras terbaru Kree yang lebih superior dengan mencampurkan DNA para Avengers dengan DNAnya. Dalam pertarungannya, Carol gak sengaja terkena cairan serum yang di dalamnya terdapat DNA dari para Avengers, termasuk Thor. Karena itulah yang membuat dia akhirnya bisa mengangkat Mjolnir dan menggunakannya.

Captain America

Selain Thor, Captain America juga adalah karakter lain yang populer karena bisa mengangkat Mjolnir. Steve Rogers, seperti yang udah banyak diketahui, selalu berusaha menjadi sosok yang baik. Dia selalu berusaha buat jadi panutan bagi seluruh tim Avengers, dan seluruh dunia. Sifat dan kepribadiannya tersebut yang membuat Steve layak untuk mengangkat Mjolnir.

Dalam sejarahnya, Captain America pernah menggunakan Mjolnir beberapa kali. Contohnya dalah komik Thor #390 yang dirilis pada 1988, Fear Itself pada 2011, dan Secret Empire pada 2016 silam. Yang paling baru adalah dalam film Avengers: Endgame, dimana dia menggunakan Mjolnir buat menghajar Thanos. Steve dianggap pantas, dan Thor juga tahu akan hal itu.

Jane Foster

Ketika Thor “dikutuk” dengan tidak bisa lagi memegang Mjolnir, dianggap tidak pantas, dan harus kehilangan kekuatannya, kekuatan terbesar Thor akhirnya diberikan kepada sang kekasih yaitu Jane Foster. Jane sendiri berubah menjadi Thor pada 2014. Tapi, sayangnya dengan menjadi Thor justru hal tersebut membuatnya terbunuh dimana dia justru terkena kanker akibat transformasi yang dilakukan.

Jane kemudian berhenti sebagai Thor, sampai kemudian dia tahu kalau Asgard lagi dalam keadaan terdesak. Akhirnya dia kembali berubah menjadi Thor buat yang terakhir kalinya. Jane Foster pun meninggal, tapi Odin memberikannya kesempatan untuk hidup sekali lagi. Dia sekarang mempunyai peran baru yaitu sebagai Valkyrie.

Eric Masterson

Eric Masterson adalah seorang single father dan juga seorang arsitek yang muncul dalam cerita petualangan dari Thor dan Hercules. Dalam sebuah pertarungan melawan villain bernama Mongoose, Thor terluka parah dan tidak bisa menggunakan Mjolnir dalam pertarungan tersebut. Masterson, secara ajaib, kemudian mampu mengangkat palu ajaib tersebut dan menyelamatkan Thor dari Mongoose.

Karena bukan seorang petarung, Eric pun terluka parah dan Thor yang melihat hal tersebut pun tidak bisa berbuat banyak. Thor pun kemudian meminta Odin untuk menyelamatkan nyawanya karena Eric sudah mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan jiwa Thor. Odin setuju, dan akhirnya Odin pun menyatukan Thor dan Eric menjadi satu sosok. Selama beberapa waktu, Eric Masterson adalah sosok manusia dari Thor.

Red Hulk

Sebelum identitas asli Red Hulk diketahui yaitu Jendral Thunderbolt Ross, Red Hulk bertarung melawan Thor dan pertarungan mereka bahkan sampai ke luar angkasa. Red Hulk melompak ke luar bumi sambil memegang Mjolnir, karena pada saat itu tangan Thor masih memegang tali dari Mjolnirnya. Ketika berada di luar angkasa, Red Hulk akhirnya berhasil memisahkan Mjolnir dari Thor. Sejak saat itulah Red Hulk dan Thor sering bekerja sama dalam berbagai urusan yang ada kaitannya dengan Avengers.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

FOLLOW US