Roronoa Zoro adalah salah satu anggota terkuat dari kru topi jerami selain Sanji dan Luffy. Zoro adalah sosok yang sangat hebat dengan ketiga pedangnya. Dia bahkan bertekad untuk menjadi seorang ahli pedang terkuat di dunia. Hal itu dia lakukan demi memenuhi janjinya kepada Kuina, teman masa kecilnya. Tapi, apakah sebenarnya Zoro adalah sosok yang memang benar-benar kuat?

Zoro sempat kehilangan beberapa pedangnya, tapi beruntung dia juga berhasil mendapatkan beberapa pedang baru seperti Wado Ichimonji dan Sandai Kitetsu. Sempat punya salah satu pedang terkuat, yaitu Shushui, tapi sekarang Zoro punya salah satu pedang yang pernah dimiliki oleh Kozuki Oden yaitu Enma. Selain Enma, Oden juga sebenarnya punya satu lagi pedang yaitu Ame no Habakiri, tapi ada di tangan Momonosuke.

Enma adalah satu-satunya senjata yang pernah melukai Kaido. Seperti yang diungkapkan oleh Tenguyama, pedang Enma membuat penggunanya merasa kelelahan jika tidak bisa mengendalikannya. Karena, pedang Enma menyerap Haki dan tenaga si penggunanya. Lalu, apakah  Zoro layak mendapatkan pedang Enma?

Berbicara mengenai kekuatan pedang dan penggunanya, Zoro memang memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Contohnya di Dressrosa dia bisa memotong tubuh Pica dengan pedang yang dialiri oleh Haki. Kekuatan pedang Enma juga sangat luar biasa, dimana Zoro pernah memotong tebing di Wano ketika mencoba menggunakan pedang ini.

Tapi, ada perbedaan dari dua momen tersebut. Ketika Zoro memotong Pica, hal itu terjadi karena Zoro memang menginginkannya. Sedangkan di momen yang lain, Zoro hanya ingin mencoba untuk memotong pohon dengan Enma tapi justru malah satu tebing yang hancur. Hal ini seolah menunjukan Zoro masih belum cukup kuat untuk menguasai Enma, dan juga belum cukup kuat untuk menjadi seorang ahli pedang.

Seorang ahli pedang yang baik, seperti dijelaskan oleh Koushiro, adalah dia yang bisa memotong sesuai keinginannya dan bisa mengendalikan pedangnya. Contohnya, ketika seseorang ingin memotong besi dengan pedangnya maka dia akan bisa memotong besi tersebut. Jika dia tidak ingin memotong kertas, maka kertas itu gak akan bisa dipotong karena keinginan dan kendali atas kekuatan dan pedangnya.

Jadi, yang membuat Zoro bukanlah seorang ahli pedang yang baik, untuk saat ini, dengan pedang Enma miliknya adalah bukan Zoro yang mengendalikan pedang tersebut. Tapi, justru Enma atau pedangnya yang mengendalikan Zoro. Mungkin Zoro memang masih butuh waktu buat penyesuaian, karena dia masih belum bisa menguasai pedang dengan level kekuatan tinggi ini.

BACA JUGA: Mengenal Gryphon, Senjata Andalan Shanks!

Jadi, ketika Zoro udah bisa melatih dirinya sendiri untuk menjadi lebih kuat dan mampu mengendalikan pedang ini maka hal seperti pedang Enma yang menguras Haki dan tenaga Zoro sudah gak akan terjadi lagi. Memang, sejauh ini baru Oden saja yang bisa mengendalikan kedua pedang tersebut. Kalau Zoro udah bisa mengendalikan pedang ini, artinya level kekuatannya akan meningkat dan berada di level yang sama dengan Kozuki Oden.