Kru topi jerami yang dipimpin oleh Luffy, saat ini menjadi salah satu kru bajak laut paling kuat dalam cerita One Piece. Kru bajak laut ini bisa dibilang komplit. Mereka punya dokter, tukang kapal, ahli sejarah, ahli navigasi, koki, dan seorang ahli pedang, juga musisi. Jumlah kru topi jerami saat ini ada sembilan orang, jika Jinbe dihitung sebagai salah satu kru mereka.

Jumlah tersebut kemungkinan masih akan bertambah, dengan banyaknya karakter-karakter yang berpotensial buat bergabung dengan kru bajak laut ini. Biasanya dalam dunia One Piece udah jadi hal wajar kalau kelompok bajak laut punya kru yang cukup banyak. Contohnya adalah Kaido atau Shanks. Berikut adalah karakter yang berpotensi bergabung dengan kru topi jerami.

Nefertari Vivi

Vivi adalah putri dari kerajaan Alabasta. Dia udah jadi pemimpin kerajaan tersebut menggantikan ayahnya. Dalam arc Alabasta, Vivi jadi salah satu karakter penting yang membantu Luffy buat mengalahkan Crocodile dan mengembalikan kedamaian di kerajaan itu. Vivi sendiri sebenarnya sangat ingin bergabung dengan Luffy, tapi pada akhirna menolak dengan alasan dia lebih memilih buat mengembalikan kerajaannya ke situasi semula.

Tapi, sebenarnya dia sendiri udah dianggap sebagai kru yang gak resmi. Karena, Vivi dan Luffy serta yang lainnya masih tetap berhubungan meskipun mereka udah lama banget gak bertemu. Vivi bahkan udah paham setiap apa yang dilakuin oleh Luffy. Mungkin ketika Vivi merasa ada penggantinya buat mengurus Alabasta, dia bakal bergabung dengan Luffy.

Marco The Phoenix

Marco adalah mantan kepala divisi satu dari kru bajak laut Whitebeard. Dia adalah kru yang paling dekat dengan Whitebeard dan jadi tangan kanannya. Setelah perang dengan Blackbeard selesai, Marco memutuskan buat menjadi dokter di kampung halaman Whitebeard. Perintah terakhir Whitebeard kepada Marco adalah untuk melindungi Luffy dengan seluruh kekuatan.

Meskipun peluangnya kecil, Marco kemungkinan akan bergabung dengan Luffy dan menambah kekuatan krunya. Tapi, Marco sendiri mungkin butuh waktu buat melakukan hal itu karena tanpa adanya Marco desa tersebut gak punya dokter sama sekali dan kesehatan mereka jadi tidak menentu. Lagipula, itu juga jadi janji Marco kepada Whitebeard.

Bartolomeo

Bartolomeo adalah kepala dari kelompok Barto Club dan merupakan pemimpin dari divisi dua aliansi bajak laut Luffy. Udah sejak lama Bartolomeo jadi penggemar Luffy, dan dia selalu menganggap Luffy sebagai sosok yang luar biasa juga seluruh kru topi jerami. Barto bahkan pernah mengatakan kalau dia bakalan mengikuti semua perintah mereka.

Bartolomeo bisa jadi orang yang sangat berguna bagi kru topi jerami. Dia bisa jadi penjaga Thousan Sunny. Seperti yang kita tahu, kru topi jeramio sering berpencar ke berbagai wilayah untuk melakukan sesuatu. Dan mereka butuh orang buat menjaga kapal berharga mereka. Dengan kekuatan pelindung buah iblis milik Barto, hal itu bisa dilakukan dengan mudah.

BACA JUGA: 10 Fakta Mengenai Joy Boy di One Piece

O-Tama

O-Tama adalah seorang gadis kecil dari wilayah Kuri yang ada di negara WANo. Dia adalah seorang kunoichi yang masih dalam masa pelatihan. Dia merupakan pengikut dari keluarga Kozuki. Ketika Ace mengunjungi Wano, Tama sempat menjalin kedekatan dengan gadis kecil ini dan dia pun sangat mempercayai Ace. Tama bahkan ingin berpetualang bersama dengan Ace di lautan.

Tapi, Ace tentu saja menolak karena dia masih terlalu kecil. Ace kemudian berjanji kalau Tama sudah berhasil menjadi seorang Kunoichi dia akan kembali dan mengajaknya berpetualang. Sayangnya, hal itu sudah gak mungkin terjadi karena Ace sudah mati. Apakah Luffy akan memenuhi janji Ace dan membawa O-Tama bersamanya? Lagipula Tama punya kemampuan unik, dimana dia bisa mengeluarkan makanan dan menghipnotis orang yang memakannya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2