Kejutan besar diperlihatkan di chapter 974 kemarin, dimana kita akhirnya tahu siapa pengkhianat yang sebenarnya di aliansi bajak laut Luffy. Ternyata, pengkhianatnya adalah Kanjuro. Berdasarkan ceritanya, Kanjuro sebenarnya masih keturunan dari klan kurozumi. Dia sengaja membantu Orochi buat menjatuhkan dan mengalahkan Kozuki Oden. Sampai akhirnya dia juga ikut ke masa depan bersama Kin’emon dan yang lain.

Yang juga menarik dari chapter 974 kemarin adalah kemunculan dari trio worst generation yaitu Luffy, Law, dan Kidd. Mereka ternyata muncul dalam waktu yang tepat dan muncul secara bersamaan, membantu Kin’emon dan yang lainnya yang terjebak di tengah=tengah kapal perang Kaido. Penampilan Luffy dan Law sedikit berbeda, dengan Luffy yang menggunakan pakaian baru dengan kerah tinggi sedangkan Law menggunakan mantel yang mirip dengan milik Corazon.

Lalu, kira-kira apa yang bakalan terjadi di chapter 975? Sepertinya kejutan masih belum bakalan berhenti.  Pertama kita dapet penjelasan bahwa Luffy, Law, dan Kidd harus memperbaiki dulu Sunny yang rusak. Mereka berhasil memperbaikinya dalam waktu yang tepat, dan kemudian mereka bergegas buat menyusul Kin’emon dan yang lain.

Ketiga Worst Generation itu pun akhirnya membantu Red Scabbards dengan menyerah ketiga kapal perang Kaido. Yang menjadi kejutan adalah di tengah-tengah kekacauan itu, tiba-tiba muncul sosok Kyoshiro di hadapan mereka. Kyoshiro pun akhirnya mengaku kepada Kin’emon dan yang lain (termasuk Kanjuro) kalau sebenarnya dia adalan Denjiro yang menyamar.

Denjiro ngejelasin bahwa dia sengaja menjadi bawahan Orochi, mendapatkan kepercayaan Orochi, semuanya demi mendapatkan informasi dan membantu mereka yang masih percaya kepada Kozuki Oden. Dia juga membantu para Samurai yang dikurung di wilayah kota untuk dibebaskan, dan menjadi bantuan pasukan aliansi Luffy.

Kanjuro sendiri menyangka kalau semua pasukan yang bakalan menyerang Onigashima sudah hancur, dan kapal-kapal sudah tenggelam. Nyatanya, kapal-kapal yang tadinya akan dipakai memang sudah hancur semua. Tapi, pasukannya sendiri masih dalam keadaan aman. Juga ternyata mereka udah nyiapin kapal lain yang bisa digunain buat menyerang ke Onigashima.

BACA JUGA: Worst Generation One Piece Siap Guncang Onigashima

Dan di chapter ini juga dijelasin kalau sebenarnya Kin’emon salah mengerti apa maksud dari pesan dalam selembaran yang dibagikan oleh Yasuie sebelum kematiannya. Kin’emon menyangka kalau titik kumpul untuk penyerangan ke Onigashima dilakuin di pelabuhan Habu. Padahal, seharusnya dilakukan di pelabuhan Hato. Denjiro sendiri sebenarnya menyangka kalau Kin’emon emang gak tahu dan menyangka kalau ada mata-mata diantara mereka. Tapi, sebenarnya memang cuma Kin’emon yang salah mengerti tentang maksudnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.