Gryphon, pedang yang dimiliki oleh salah satu dari empat penguasa lautan atau Yonko, bukanlah sebuah pedang biasa. Menjadi pedang andalan dari salah satu Yonko, tentunya Gryphon punya banyak banget keunggulan dibandingin dengan pedang-pedang pada umumnya. Lalu, sebenarnya apa saja hal yang menjadi keunggulan dari Ghryphon? Dan apa yang membuat Gryphon spesial?

Nama Gryphon sendiri sebenarnya gak pernah disebutin di dalam cerita One Piece. Nama Gryphon muncul dalam pojok SBS, ketika ada seorang fans bertanya apa nama senjata yang dipakai oleh Shanks si rambut merah. Oda Sensei pun menjawab kalau senjata itu adalah Gryphon, dan senjata itu udah diperlihatkan sejak chapter pertama, tapi pada saat itu Oda masih belum yakin gimana Shanks bakalan menggunakan pedang itu dalam pertarungan.

Di episode-episode awal,Shanks gak pernah digambarin sebagai seorang bajak laut dengan kemampuan berpedang, karena biasanya anak buahnya yang bakalan maju terlebih dahulu untuk menyerang. Pertama kali One Piece memperlihatkan Ace menggunakan Gryphon miliknya adalah ketika dia pergi ke kapal Moby Dick, dan bertemu dengan Whitebeard untuk membicarakan Blackbeard dan Ace.

Pedang Gryphon sendiri memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingin pedang pada umumnya, dengan ujung gagangnya yang berwarna hijau. Sarung pedangnya sendiri berwarna biru. Meskipun belum diketahui kebenarannya, pedang Gryphon diyakini sebagai salah satu dari Saijo O Wazamono atau pedang dengan kualitas paling tinggi alias Supreme grade.

Nama Gryphon sendiri diambil dari makhluk legendaris, Griffin. Gryphon juga menjadi salah satu senjata yang paling kuat dalam cerita One Piece, selain Sandai Kitetsu milik Zoro dan Yoru milik Mihawk. Tanpa Gryphon, sepertinya Shanks bakalan hanya mengandalkan kekuatan Hakinya dan sulit buat berada di posisi sebagai salah satu Yonko atau penguasa lautan.

Bukti kekuatan dari Gryphon adalah mampu menahan serangan Kirikumogiri  dari Whitebeard, bahkan ketika pedang mereka beradu awan pun sampai terbelah. Padahal Whitebeard adalah manusia paling kuat di dunia, tapi Ace mampu menahan serangan pedangnya. Bukti lainnya adalah ketika Shanks berhasil menahan serangan pukulan magma Sakazuki, yang saat itu dilakukan untuk melindungi Coby.

BACA JUGA: One Piece: Shanks Miliki Koneksi Dengan Rocks D Xebec

Dalam game One Piece Pirate Warrior 3, Shanks mampu menampilkan kekuatan dari Gryphon, contohnya adalah “Kaizoku no Takami e!” sebuah teknik yang membuat Gryphon yang sudah dilapisi oleh Haki menghantam tanah untuk menghancurkan musuh dengan Haki Haoshoku miliknya. Geeks pastinya masih ingin melihat kekuatan dari pedang Gryphon lainnya, tapi Shanks memang sangat jarang menggunakan pedangnya kecuali dalam keadaan genting.

Kemampuannya berpedang sepertinya didapatkan dari Rayleigh, karena pada dasarnya Rayleigh adalah salah seorang ahli pedang yang kurang begitu diekspos. Mungkin dalam chapter-chapter berikutnya, seperti dalam perang besar melawan Kaido dan Big Mom, kita bakalan diperlihatkan kembali kekuatan mengerikan dari Gryphon. Dan bahkan kita bakalan diperlihatkan bagaimana kekuatan sesungguhnya dari Gryphon.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.