Dalam cerita One Piece, buah iblis adalah salah satu sumber kekuatan seorang karakter. Dengan kekuatan unik dari buah iblis, seseorang bisa melakukan kejahatan atau kebaikan. Contohnya adalah Luffy, yang menggunakan kekuatan buah iblis Gomu Gomu buat mewujudkan cita-citanya sebagai raja bajak laut dan juga ikut membantu orang lain, seperti dalam arc Wano yang lagi berjalan sekarang.

Tapi, gak selamanya buah iblis jadi sumber kekuatan paling hebat. Haki atau kekuatan tekad, adalah satu-satunya kemampuan yang bisa melawan kekuatan buah iblis. Dengan kemampuan ini, seseorang bisa menahan kekuatan atau bentuk asli dari si pengguna buah iblis. Contohnya adalah waktu Rayleigh menahan serangan Kizaru. Meskipun Haki kuat, ternyata ada buah iblis yang gak ngefek terhadap kemampuan Haki. Apa saja?

Hobi Hobi no Mi

Hobi Hobi no Mi adalah buah iblis bertipe Paramecia yang membuat penggunanya mempunya kemampuan buat mengubah seseorang atau makhluk hidup menjadi mainan, dengan cara menyentuhnya. Kalau seseorang udah berubah jadi mainan, dia gak bakalan diinget lagi oleh orang lain karena ingatan mereka dihapus. Buah iblis ini dimiliki oleh Sugar, salah satu anak dari Big Mom.

Gak ada satu kemampuan Haki pun yang bisa menahan kekuatan ini. Meskipun Luffy atau yang lainnya udah menguasa level advanced dari Armament Haki, tetap gak bakalan bisa menahan kekuatan Hobi Hobi no Mi.

Buah Iblis Jewellry Bonney

Sampai saat ini, masih belum diketahui apa nama buah iblis yang dikonsumsi oleh Jewelry Bonney, salah satu bajak laut Worst Generation. Yang pasti, buah iblis ini bertipe Paramecia dimana dia bisa memanipulasi usia dari musuh atau orang lain. Dia bisa mengubah seseorang jadi anak kecil atau jadi orang tua, dalam waktu yang sekejap.

Karena kekuatannya yang dianggap overpowered, wajar kalau Bonney selalu diperlihatkan makan makanan dalam porsi yang besar dan yang paling penting adalah dia tidak berubah menjadi gemuk. Sama seperti buah iblis Sugar, level tertinggi Armament Haki pun gak akan bisa menghalangi efek dari buah iblis ini.

Horo Horo no Mi

Horo Horo no Mi juga adalah buah iblis berjenis Paramecia, yang mana kekuatannya adalah merubah seorang manusia menjadi hantu atau mungkin bisa dibilang manusia hantu. Buah iblis ini dimakan oleh Perona, dan kalau kita terkena kekuatan ini moral dan stamina yang ada dalam diri kita akan terkuras habis. Kita bakalan jadi orang yang negatif, dan cenderung pesimis.

Lagi, gak ada kekuatan Haki yang bisa menahan kekuatan buah iblis ini karena gak memang gak mungkin buah ditahan ataupun dihindari, seberapa kuatpun seseorang itu berusaha. Tapi, yang konyolnya adalah buah iblis ini gak berpengaruh apa-apa ke diri Usopp meskipun sudah dicoba berkali-kali. Hal itu dikarenakan Usopp memang orang yang pesimis dari awal, jadi gak berpengaruh.

Zushi Zushi no Mi

Buah iblis ini bertipe Paramecia dan dikonsumsi oleh salah satu Admiral legendaris angkatan laut, Fujitora. Kekuatan buah iblis ini memberikan penggunanya kemampuan buat mengendalikan gravitasi bumi, dan memilih lokasi mana yang bakalan dikirim kekuatan gravitasi tersebut. Kekuatan Haki gak berlaku ketika melawan kekuatan buah iblis ini.

Buktinya adalah ketika Fujitora bertarung melawan Zoro, dia mencoba mengurung Zoro yang berusaha kabur dengan menggunakan Haki. Tapi, dia gagal buah kabur karena emang Haki gak bisa menahan kekuatan ini. Satu-satunya cara buat menghentikan atau menginterupsi kekuatan itu adalah dengan menyerang Fujitoranya. Contohnya ketika Law dan Kin’emon berusaha menyerang Issho agar Zoro bisa keluar dari kemampuan buah iblis ini.

Mero Mero no Mi

Mero Mero no Mi adalah buah iblis bertipe Paramecia, yang memiliki kemampuan untuk menyerang musuh dari berbagai jarak dengan menggunakan salah satu emosi dari manusia yaitu hasrat. Ketika seseorang terkena kemampuan buah iblis ini, dia bakalan langsung berubah menjadi batu. Buah iblis sensual ini dikonsumsi oleh Boa Hancock, penguasa wilayah Amazon Lilly.

Gak ada Haki yang bisa menahan kekuatan dari Mero Mero no Mi. Meskipun gak berpengaruh terhadap kekuatan Haki, kelemahan buah iblis ini adalah kalau targetnya tidak memiliki hasrat atau gak punya kemampuan melihat Hancock maka kemampuannya gak bakalan berpengaruh. Contohnya adalah ketika Hancock mencoba menyerang Luffy dengan buah ini, tapi pada nyatanya gak berpengaruh karena Luffy gak punya hasrat dengan lawan jenis.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.