Wally West bukan hanya kembali lagi ke TV series The Flash, tapi juga dia kembali dengan kekuatan super yang baru dan memberikan petunjuk tentang speedsters dari masa depan. Wally alias Kid-Flash sempat menghilang di musim keempat, karena sibuk dengan tim Legends of Tomorrow dan kemudian kembali ke Earth-Prime setelah peristiwa Crisis on Infinite Earths. Apa saja kekuatan baru itu?

Mengendalikan Petir

Cahaya dan petir memang identik dengan para speedsters yang ada di cerita The Flash. Barry Allen mendapatkan kekuatan supernya dari sebuah sambaran petir, para speedsters sering memunculkan petir ketika berlari dengan cepat, dan di musim kedua bahkan diperkenalkan bahwa melemparkan petir menjadi salah satu senjata yang bisa digunakan oleh para speedsters untuk melawan musuh.

Apa yang ditampilkan oleh Wally West sedikit berbeda. Dibandingkan dengan hanya melemparkan sebuah aliran listrik atau petir aja, Wally ternyata bisa membentuknya menjadi sesuatu. Contohnya adalah ketika dia sedang duduk di laboratorium milik STAR dalam pose meditasi, dia mampu mengealirkan petir dan membentuk sebuah bunga teratai.

Barry bahkan kagum dengan kemampuan yang ditampilkan oleh Wally, dan memintanya untuk mengajarkanya. Masih belum diketahui apa gunanya kemampuan untuk membentuk cahaya itu.  Tapi, yang pasti adalah dengan Wally atau Barry bisa mengendalikan kemampuan petirnya dan membentuknya menjadi sesuatu bakalan sangat membantunya melawan musuh.

Time Remnants

Time Remnants atau yang biasa disebut timeline remnants, pertama kali diperkenalkan di Arrowverse di musim kedua The Flash. Eobard Thawne menggunakan kekuatan ini untuk mencegah dirinya tewas setelah Eddie Thawne menembak dirinya sendiri. Kemampuan ini biasanya sering digunakan oleh para villain di series The Flash, contohnya digunakan oleh Zoom di musim kedua dan digunakan untuk menciptakan pasukan Reverse Flash ketika Eobard Thawne masih jadi bagian dari Legion of Doom.

Meskipun gak ada yang menyebut kemampuan ini sebagai time remnants, inilah yang dilakuin oleh Wally West di awal episode “Death of the Speed Force”. Wally berhasil menyelamatkan orang-orang dari sebuah kecelakaan helikopter dengan menggunakan kemampuan ini, dengan menciptakan “kloning” dirinya sendiri. Barry juga pernah menggunakan kemampuan ini buat mengalahkan Zoom di musim kedua.

BACA JUGA: Memprediksi Peran Para Guardians di Thor 4!

Koneksi Khusus Dengan Speed Force

Semua speedsters mendapatkan kekuatan super mereka dari Speed Force, tapi Speed Force sendiri sebenarnya bukan hanya sekedar sumber kekuatan mereka. Speed Force lebih dekat kepada kekuatan spiritual, yang mana bagi Barry Allen, khususnya, pernah memiliki koneksi sebelumnya. Dengan kemampuan Speed Force, Barry Allen bahkan bisa ikut menyelamatkan multiverse dari kehancuran dan bahkan bertemu dengan DCEU Flash dalam cerita Crisis on Infinite Earths.

Bagi Wally, sepertinya kekuatan Speed Force jauh lebih memiliki arti dibanding Barry di masa lalu. Dengan koneksi yang begitu dalam, Wally bisa bulak-balikantara Earth-Prime dan Speed Force dengan mudah. Dia berhasil menarik Barry dari Speed Force tanpa Barry menyadari kalau Wally sedang melakukan hal itu. Barry cuma bisa berkomunikasi dengan Speed Force ketika datang kepadanya, sedangkan Wally mampu meninggalkan tubuhnya dan masuk ke Speed Force sesuka hati.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.