Poneglyph adalah salah satu benda misterius dan langka di dunia One Piece. Poneglyph pada dasarnya adalah sebuah artefak yang dibuat disebuah batu besar dan berisi tentang sejarah tentang dunia. Selain itu, Poneglyph juga mengandung petunjuk tentang bagaimana supaya seseorang bisa pergi ke pulau Laugh Tale. Poneglyph ditulis dengan bahasa khusus, dan tidak banyak orang yang bisa membaca Poneglyph. Berikut adalah beberapa fakta tentang Poneglyph.

Pengenalan

Meskipun Poneglyph menjadi bagian penting dalam cerita One Piece, Oda Sensei baru memperkenalkan tentang Poneglyph secara baik dalam chapter 202 di manganya, saat arc Alabasta. Di anime, Poneglyph pertama kali muncul lebih cepat dibanding manganya yaitu pada episode 123. Menariknya, sebuah Poneglyph juga sempat muncul dalam episode filler, yaitu pada episode 102.

Apa Artinya

Sejauh ini, kata Poneglyph sendiri bisa diartikan sebagai ‘tulisan sejarah’ yang memang sesuai dengan apa itu Poneglyph yang sebenarnya, yang merupakan artefak yang berisi tulisan tentang sejarah dunia. Masing-masing Poneglyph menceritakan tentang sejarah tertentu dan dengan mempelajarinya, kita bisa tahu apa rahasia sebenarnya dari sejarah dunia di One Piece.

Baru beberapa bajak laut aja yang berhasil mempelajari tentang Poneglyph ini. Bahkan, ada juga bajak laut yang memang sengaja mencari keberadaan Poneglyph untuk menuntun mereka ke pulau terakhir untuk mendapatkan One Piece.

Penciptanya

Karena Poneglyph berisi tentang sejarah dunia, sudah jelas kalau benda- itu udah diukit di sebuah batu sejak lama. Mereka muncul di sera abad yang hilang. Baru-baru ini, fans One Piece akhirnya mengetahui siapa sebenarnya orang yang membuat atau menciptakan Poneglyph yang tidak bukan adalah keluarga Kozuki. Poneglyph sudah diwariskan dari masa ke masa, dan berkat hal ini banyak orang yang mencoba untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di masa lalu.

Yang Bisa Membaca Poneglyph

Mempelajari tentang Poneglyph adalah sesuatu yang sangat dilarah oleh Pemerintah Dunia. Mereka yang mencoba untuk mempelajari tentang Poneglyph, dan mencoba mengungkap apa tulisan di Poneglyph itu akan dibunuh dan dihancurkan. Dan hal inilah yang terjadi kepada orang-orang di wilayah Ohara, dimana Pemerintah Dunia meluncurkan Buster Call buat menghancurkan mereka.

Sejauh ini, Robin adalah satu-satunya orang yang bisa membaca Poneglyph. Dia awalnya berasal dari Ohara dan berhasil selamat dari pembantaian di masa lalu. Dengan kemampuannya dan pengetahuannya itu, Pemerintah Dunia mencoba untuk memburu dan membunuh Robin.

BACA JUGA: Mengenal Sulong Form, Kekuatan Sebenarnya dari Suku Mink!

Daya Tahan

Poneglyph terbuat dari sebuah benda aneh, yang mirip dengan batu, dan diketahui tidak bisa dihancurkan oleh apapun. Diketahui juga kalau keluarga dari klan Kozukilah yang mengukir tulisan di Poneglyph saat era yang hilang terjadi. Tapi, gak diketahui kenapa batu itu bisa diukit oleh keluarga Kozuki kalau memang Poneglyph gak bisa dihancurkan. Sejauh ini, upaya Pemerintah Dunia melarang untuk orang-orang untuk mempelajari Poneglyph sangat berhasil.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.