Dalam beberapa chapter kemarin, dalam adegan flashback Kozuki Oden, kita akhirnya tahu banyak hal tentang apa yang sebenarnya terjadi di masa lalu. Khususnya apa yang terjadi sama Oden, Toki, dan tentunya Red Scabbards yang dikirim ke masa depan. Dalam momen flashback tersebut kita sempat diperlihatkan gimana pertarungan Oden dan Kaido.

Meskipun Oden akhirnya harus kalah dan dieksekusi, bareng Red Scabbards, tapi nyatanya dia selamat dari eksekusi itu. Sampai akhirnya, Kaido mutusin buat mengeksekusi Oden dengan cara ditembak di kepala. Di akhir momen flashback itu, kemudian kita diperlihatkan tentang “surat wasiat” dari Kozuki Oden buat Kozuki Toki.

Awalnya, isi suratnya ngejelasin tentang kondisi Oden yang artinya dia gak selamat. Kemudian dia nulis sebuah kata-kata yang puitis yang bisa jadi kata-kata tersebut semacam kode, kepada Toki. Tapi, sebagian fans menganggap kalau kata-kata itu mirip semacam ramalan. Kalau diperhatikan, sepertinya tulisan yang dibuat oleh Oden bukanlah sebuah ramalan atau apapun.

Kalau bisa diartikan, kata-kata itu bukan sebuah kutukan yang diungkapkan oleh Toki dan juga bukan sebuah ramalan. Kata-kata itu lebih merujuk kepada permintaan Oden buat menggunakan kekuatannya buat ngirim Red Scabbards. “aku ingin kau menggunakan kekuatanmu, Toki. Kalau aku mati, gunakan kekuatan itu untuk mengirim sembilan Red Scabbards ke 20 tahun yang akan datang dan takdirmu akan terpenuhi.”

Seperti yang kita tahu, Oden paham bahwa dia gak bisa ngalahin Kaido dan Orochi di masa sekarang, sendirian. Dia tahu kalau di masa depan, tepatnya 20 tahun kemudian, bakalan ada kekuatan besar yang datang ke Wano dan mengakhiri penderitaan warganya. Dan seperti yang kita bisa tebak, sosok itu kemungkinan adalah Luffy dan aliansi bajak lautnya.

Tapi, Luffy tentunya gak bisa pergi kesana tanpa adanya “pemandu.” Dan Red Scabbards adalah orang yang kemudian menuntun mereka buat mengakhiri semua kekacauan yang diakibatkan oleh Kaido dan Orochi. Mengirim mereka ke masa depan, akan memenuhi takdir dari Kozuki Toki. Dengan mengirim mereka ke masa depan, Toki bisa mengubah dunia meskipun dia gak tahu bagaimana rasanya perubahan itu (“you do not know about the dawn”). Dan Toki benar-benar menggunakan kekuatan terakhirnya, buat ngirim Red Scabbards ke masa depan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.