Batman emang dikenal karena berbagai gadget keren dan teknologi canggih yang dia pakai saat membasmi kejahatan. Hal itu tentunya sangat dibutuhin, karena Batman gak punya kekuatan Super seperti Superman atau The Flash. Batman mengandalkan kecerdasan yang dia punya dan juga peralatan canggih, dan yang lebih penting adalah kemampuan bela dirinya.

Hampir dalam setiap cerita baru Batman pasti selalu diperkenalkan berbagai gadget baru yang sangat keren. Di tahun 2020 sendiri, Batman udah ngasih liat kita beberapa gadget canggih seperti Bat-Swarm, sebuah alat yang bisa membuat Batman mengirim pasukan drones buat mengejar targetnya. Kemudian alat buat membajak berbagai mobil, yang disebut Echo, dan terakhir adalah sebuah alat pelacak yang disebut Shadowcaster.

Gadget-gadget itu mempermudah Batman buat melakukan tugasnya, dan dalam komik The Batman’s Grave #4 Batman kembali ngenalin kita sama satu gadget canggih yang bisa bikin musuh kalang kabut. Meskipun belum diketahui apa nama alatnya, benda ini mirip seperti bom tangan atau bom cahaya (flashbang). Hanya saja bukan ledakan yang muncul, melainkan potongan-potongan kecil dari Batarang yang berjumlah ratusan.

Gadget ini dipakai ketika James Gordon dan Batman mencoba buat mengatasi kerusuhan di rumah sakit jiwa Arkham. Takut rekannya terluka karena mereka melihat sebuah ruangan yang penuh dengan penjahat bersenjata, Batman kemudian mengeluarkan gadget baru tersebut untuk mengamankan ruangan itu.

Pada awalnya Gordon sendiri menyangka kalau benda itu adalah flashbang, tapi ternyata bukan. Ketika benda itu meledak, ratusan batarang berukuran kecil menyebar ke seluruh arah sekaligus. Bom batarang itu berhasil membuat para penjahat terluka, dan mereka juga semakin merasa sakit karena dihajar langsung oleh Batman.

Bom batarang ini terlihat sangat efektif untuk Batman menghadapi sekelompok musuh sekaligus. Bom ini juga menunjukan seberapa mematikannya salah satu alat yang jadi ciri khas Batman, yaitu Batarang. Meskipun gadget ini gak terlalu mewah atau terlalu fancy, tapi benda ini terbukti ampuh dan efektif. Kelemahannya adalah dengan penyebarannya yang ke seluruh arah, kalau digunakan di area terbuka alat ini bisa melukai orang-orang di sekitarnya. Gimana pendapat kalian tentang bom Batarang ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.