Senjata kuno memang jadi salah satu ketakutan besar dari Pemerintah Dunia, dalam cerita One Piece. Sejauh ini, ada tiga senjata kuno yang udah diketahui yaitu Uranus, Poseidon, dan Pluton. Sekitar 800 tahun yang lalu, pemimpin dari kerajaan kuno itu adalah sosok raksasa yang memakai topi jerami.

Masyarakat dari kerajaan kuno itu, dipercaya sebagai nenek moyang dari klan D., dan pemimpin mereka adalah salah satu dari orang yang punya nama D di tengahnya dan memiliki tekad D. Dia adalah sosok yang paling ditakuti sama 20 kerajaan yang ada (di masa itu) karena kekuatan “aneh” yang dia punya. Dia punya kekuatan yang bisa menyatukan baik musuh atau sekutu.

Kekuatan tersebut disebut sebagai “Uranus” oleh 20 kerajaan-kerajaan itu. Tapi, gak ada diantara kerajaan itu yang tahu gimana cara kerja Uranus atau kenapa dia bisa punya kekuatan itu. Sadar kalau mereka bakalan kalah, kerajaan kuno akhirnya mutusin buat mewariskan kejayaan mereka ke generasi selanjutnya lewat berbagai cerita di Poneglyph.

Selain itu, mereka juga harus menyembunyikan tiga senjata kuno mereka. Khusus untuk Uranus, pemimpin kerajaan kuno itu punya rencana khusus yang bakalan mengelabui bukan hanya Pemerintah Dunia (alias 20 kerajaan yang menyerang mereka) tapi juga bisa menipu seluruh dunia ini. Cara sang pemimpin itu adalah dengan membuat orang lain yakin kalau topi jerami yang dia pakai adalah senjata kuno Uranus itu.

Dia kemudian bikin sebuah tiruan topi jerami itu dalam versi kecil, dan memberikannya kepada anak kecil dari klan D sebelum mereka pergi dari kerajaan itu. Dia berhasil berkeliling dunia dan berhasil mengacak-acak dunia, dan saat usianya sudah beranjak tua dia sadar kalau dia harus mewariskan topi jerami itu ke generasi selanjutnya. Akhirnya lingkaran warisan pun dimulai, dan saat ini topi itu ada di tangan Luffy.

Topi jerami besar yang menurut Pemerintah Dunia adalah Uranus, kemudian disimpan di Mary Geoise di sebuah ruangan tertutup. Selama puluhan, bahkan ratusan tahun, mereka ngerasa kalau mereka berhasil menyimpan tiga senjata kuno meskipun mereka enggak tahu gimana cara menggunakannya dan yakin suatu saat mereka bisa menggunakannya.

Ironisnya, dibalik Pemerintah Dunia yang ngerasa kalau mereka punya senjata Uranus yang berupa topi jerami besar, semangat D yang disimbolin lewat topi jerami kecil udah diwarisin dari generasi ke generasi di bawah bayang-bayang topi jerami besar itu. Dan waktu untuk menggulingkan kekuasaan Pemerintah Dunia udah semakin dekat.

Alasan Topi Jerami Yang Lain Tidak Diketahui Pemerintah Dunia

Ada alasan khusus tentunya kenapa topi jerami berukuran kecil dibuat oleh pemimpin kerajaan kuno, yaitu sebagai simbol. Sama sepeerti yang berukuran besar, topi jerami berukuran kecil juga tidak ada kekuatan buah iblis atau kekuatan super apapun di dalamnya. Tope jeramitu hanya sebagai simbol dari tekad D, tekad dari kerajaan kuno, dan Pemerintah Dunia tidak pernah sadar hal itu.

Pemilik sebelumnya dari topi jerami itu kemungkinan selalu gagak untuk memenuhi impian atau tujuan dari generasi pendahulu, dan baru Roger yang berhasil bikin Pemerintah Dunia mau memperhatikannya dan juga topi jerami itu yang kemudian diwariskan ke salah satu krunya yaitu Shanks. Dan Shanks sendiri kemudian mewariskan topi itu kepada Luffy.

Gara-gara topi jerami itu, Shanks dan Roger sering disebut sebagai Topi Jerami Shanks atau Topi Jerami Riger. Lalu, kenapa pemimpin kerajaan kuno membuat topi jerami itu? Sepertinya hal itu sengaja dilakukan sebagai sebuah pesan buat 20 kerajan yang menyerang mereka saat itu. Dia seolah ingin membuat Pemerintah Dunia seakan-akan berhasil menghancurkan seluruh kerajaan kuno dan tekad D, padahal mereka tidak sadar bahwa ada kekuatan baru yang akan lahir.

Luffy adalah Uranus

Luffy memang bukan Uranus yang pertama, tapi dia adalah Uranus yang lainnya. Seperti yang udah disebutin di atas, kekuatan Uranus bisa menyatukan semua orang. Menurut Mihawk, kekuatan itu adalah kekuatan yang paling berbahaya di seluruh lautan dan Luffy juga punya “kekuatan” itu. Ivankov sendiri pernah bilang kalau kekuatan sebenarnya dari Luffy bukanlah kemampuan buah iblis, tapi kekuatan yang bisa ngebuat orang-orang di sekitarnya mau bekerja sama dengan Luffy.

Kalau dipikir kembali, Pluton adalah sebuah kapal besar yang punya kemampuan daya hancur tinggi. Poseidon adalah seorang putri duyung yang bisa berbicara dan ngasih petintah kepada raja lautan. Dengan dua senjata kuno tersebut, yang dibutuhkan terakhir adalah pasukan dan hal itu hanya bisa dilakukan oleh Uranus. Jadi, dengan kemampuannya bisa dibilang Luffy adalah Uranus itu sendiri.

Orang Yang Ditunggu Roger

Seperti yang diungkapin oleh Whitebeard sebelum kematiannya, Roger nyatanya sedang menunggu seseorang. Dia menunggu sebuah kekuatan baru yang bisa menyempurnakan apa yang ditulis di Poneglyph yang dia temuin di Laugh Tale. Dalam cerita flashback Oden, juga disebutin bahwa alasan Wano ditutup oleh keluarga Kozuki adalah untuk menyambut kekuatan baru itu.

Kenapa Luffy jadi orang yang ditunggu Roger? Dia berbeda dengan Blackbeard. Luffy menampilkan kecintaannya terhadap petualangan, laut, dan juga dia tidak pernah membuat perbedaan terhadap siapapun. Idealismenya membuat Luffy jadi sosok yang bebas, dan bebas adalah salah satu ciri dari semangat D. Berbeda dengan Blackbeard yang dalam hatinya cuma memiliki hati dan niat yang jahat.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2