Civil War II

Sebenernya, Civil War II ini punya inti cerita yang sama dengan Civil War pertama. Yang membedakan adalah adanya perubaha cerita dan anggota dari Avengers. Ceritanya sendiri memperlihatkan gimana dua Avengers yang paling berpengaruh saling serang satu sama lainnya. Hasilnya adalah adanya tambahan dari tim Avengers.

Kalau dalam Civil War pertama dua pahlawan yang bertarung adalah Iron Man dan Captain America, tapi dalam Civil War II kita diperlihatkan gimana kalau Captain Marvel yang mengambil alih dan menjadi orang yang menyerang duluan. Cerita yang masif kaya Civil War II ini memang selalu banyak memberikan hal seru sekaligus perubahan besar kepada Marvel Comics.

Avengers versi Jason Aaron

Dengan Marvel yang kembali meluncurkan berbagai judul baru, mereka mencoba buat memulai sesuatu yang baru, dengan membawa cerita dan juga anggota kelompok yang baru. Selain Avengers Assamble, Marvel Comics juga kembali ngerilis seri Avengers yang kali ini ditulis oleh Jason Aaron. Aaron mencoba buat ngasih sesuatu yang “baru” dan beda dari cerita sebelumnya.

Anggota Avengers versi Jason Aaron sebenarnya pernah juga gabung Avengers sebelumnya, seperti Iron Man, Thor, Black Panther, She-Hulk, Captain Marvel, Doctor Strange, dan Robbie Reyes. Awal yang baru ini, banyak dapat perhatian para fans karea selain membawa cerita baru Jason Aaron juga seoalh berhasil buat menuhin ekspektasi para fans tentang tim Avengers.

Infinity

Layaknya sebuah cerita komik, seperti yang Geeks ketahui kalau sebuah perubahan terjadi maka semua cerita akan terpengaruh. Selain Avengers, perubahan juga terjadi di seri komik lainnya yaitu Infinity yang ditulis oleh Jonathan Hickman dan dirilis pada 2013 lalu. Yang jadi perubahan utama dari komik ini adalah gimana hubungan para Avengers dengan seluruh alam raya ini berubah.

Hickman juga memperlihatkan bagaimana para Avengers ini berhasil mendapatkan rekan satu tim yang baru demi mengalahkan musuh utama dalam cerita ini, yang mana adalah Thanos. Dalam cerita ini, pembacanya diajak untuk melihat bagaimana Avengers mau berubah demi sesuatu yang lebih baik.

Avengers vs. X-Men

Avengers dan X-Men adalah dua tim pahlawan yang berbeda, tapi punya visi dan misi yang sama tentang keamanan dan ketentraman dunia ini. Tapi, dalam komik Avengers Vs. X-Men kita bakalan ngeliat sesuatu yang lain dimana kedua kelompok pahlawan ini saling bertarung. Cerita ini berhasil ngumpulin para talenta-talenta penulis Marvel yang hasilnya sangat luar biasa.

Peristiwa ini jadi salah satu peristiwa yang bersejarah, dan juga jadi salah satu peristiwa yang paling eksplosif dalam sejarah Marvel. Tapi, hasilnya seperti yang kita bisa tebak keduanya akhirnya saling bekerja sama dan saling menyatu. Seri komik Uncanny adalah kelanjutan dari peristiwa ini. Mereka juga bahkan bikin kelompok baru yaaitu Avengers Unity Division, dimana unit ini merupakan gabungan antara Avengers dan X-Men.

BACA JUGA: Captain Marvel Bentuk Tim Avengers Sendiri!

Pasca Peristiwa Secret Wars

Seri komik Secret Wars dirilis pada 2015, dan disebut-sebut sebagai salah satu cerita yang paling besar dan paling hebat dari Marvel Comics dalam kurun waktu satu dekade terakhir ini. Cerita Secret Wars bukan aja berhasil mengguncang seluruh Marvel Universe, tapi juga berhasil ngasih sebuah perubahan besar dimana universe mereka pada akhirnya saling menyatu dan pada Avengers punya awal yang baru.

Sebagai bukti perubahan besar ini, Marvel menghadirkan berbagai karakter yang bukan hanya berasal dari satu universe tapi juga yang berasal dari universe lainnya. contohnya adalah Miles Morales, Jane Foster,dan Human Torch. Secret Wars menandai menyatunya multiverse yang adai di cerita Marvel dan juga para pahlawan yang ada di dalamnya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.