Satu dekade tentunya bukan waktu yang sebentar, apalagi dalam industri buku komik. Dalam satu dekade tentunya ada banyak banget perubahan yang muncul, dan selain perubahan besar dalam waktu satu dekade terakhir ini Marvel Comics banyak meraih penghargaan dan menjadi masa kebangkitan mereka. Tahun 2012 jadi titik awal kebangkitan mereka, dimulai dari filmnya di layar lebar.

Popularitas filmnya kemudian menyebar ke versi komik, yang mana ada banyak banget perubahan yang terjadi kepada tim pahlawan ini dalam waktu satu dekade. Avengers versi komik juga terlihat lebih “cair” dibanding Avengers versi film. Berikut ini adalah daftar berbagai perubahan yang udah terjadi kepada Avengers dalam waktu satu dekade terakhir.

Heroic Age

Setelah seri komik Dark Reign berhasil menutup tahun 200an dengan sangat indah, seri komik lainnya yaitu Siege kemudian muncul di tahun 2010an. Seri komik itu langsung mengguncang seluruh Marvel Universe. setelah pertempuran besar di Asgard selesai dan para Avengers semuanya berpesta, Marvel Universe kemudian masuk ke sebuah era baru yang disebut Heroic Age

Heroic Age bukan aja jadi awal mula jadi penanda awal dari dekade baru Marvel Comics, tapi juga jadi masa dimana mereka mulai ngenalin berbagai wajah-wajah baru ke tim Avengers. Winter Soldier, Spider-Woman, Iron Fist, Doctor Strange, Nova, dan Red Hulk berhasil masuk jadi tim Avengers. Heroic Age kasih kita gambaran tentang perubahan yang terjadi di Marvel Comics.

Peluncuran Kembali New Avengers

Setelah berjalan selama lima tahun, seri komik yang ditulis oleh Michael Bendis yaitu New Avengers, kembali diluncurkan oleh Marvel Comics. Peluncuran seri komik ini memang bagian dari Heroic Age, dan tim New Avengers ini kembali lagi dengan anggota yang beda. Komposisi tim New Avengers yang baru asalnya dari berbagai judul seperti Avengers, Defenders, dan X-Men.

New Avengers yang baru ini menampilkan karakter-karakter ikonik seperti Wolverine, the Thing, Luke Cage, Jessia Jones, Iron Fist, Spider-man, Ms. Marvel, Mockingbird, dan Victoria Hand. Di peluncuran terbaru New Avengers ini juga ngasih liat pembacanya tentang kepergian Bucky Barnes dan Hawkeye dari tim ini.

Avengers Assamble

Setelah sukses dengan film Avengers pertama, Marvel juga terinspirasi buat kembali bikin komik Avengers dalam format yang baru. Rencana dari peluncuran Avengers Assamble adalah buat menarik minat para fans, khususnya MCU dan tim Avengers versi film, buat juga tertarik masuk ke cerita Avengers versi komik. Dan komposisi anggota awal Avengers juga sama, berjumlah empat orang.

Setelah dirilis selama delapan volume, komik ini kembali bikin perubahan dimana Hawkeye danBlack Widow keluar dari tim dan digantikan oleh Spider-Woman dan Captain Marvel. Komik ini jadi sebuah patokan buat cerita Avengers selanjutnya dalam versi komik, dan juga adanya “penyesuaian” cerita antara versi film dan juga komiknya.

Shattered Heroes

Shattered Heroes pertama kali muncul pada 2011, yang merupakan kelanjutan dari seri Fear Itself. Seri komik ini kembali ngasih kia sesuatu yang baru, dengan adanya perubahan di tubuh Avengers. Sama kaya tim New Avengers yang baru, anggota varu Avengers di seri komik ini diambil dari berbagai seri seperti Defenders, X-Men, dan bahkan dari agen SHIELD. Karakter baru yang masuk di tim ini adalah Daredevil, Storm, Quake, Captain Britain, dan Agent Venom.

BACA JUGA: Berbagai Formasi Terbaik Avengers

Savage Avengers

Salah satu perubahan terbaru dan gak biasa di tubuh Avengers muncul dalam seri Savage Avengers, karya dari Gerry Duggan dan Mike Deodato Jr. Kalau biasanya Avengers berisi para pahlawan yang kalem, tenang, dan selalu penuh dengan adegan aksi yang keren lain halnya dengan seri komik Savage Avengers. Meskipun Iron Man dan Captain America masih jadi anggota dari tim ini, tapi sebagian besar anggota baru punya sifat yang barbar.

Mereka adalah Wolverine, the Punisher, Elektra, Conan the Barbarian, Venom, dan Doctor Voodoo. Mini seri ini hanya dirilis sebanyak delapan volume saja, sebelum kemudian diganti oleh seri komik lainnya. Kelompok Savage Avengers jadi sebuah warna baru, dan juga menjadi pematah anggapan umum dari tim Avengers. Buat Geeks yang senang dengan hal barbar mungkin bisa coba dibaca seri komiknya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2