Selama hampir satu dekade, film produksi James Cameron yaitu Avatar bertengger pada posisi satu untuk pendapatan film terbesar sepanjang sejarah dengan nilai mencapai USD 2.790 milliar dari seluruh dunia. Namun, rekor tersebut akhirnya terpecahkan oleh film produksi Marvel Studios yaitu Avengers: Endgame, dengan total pemasukan mencapai USD 2.797 milliar.

Terlepas dari anggapan tentang adanya inflasi harga tiket antara tahun 2009 dengan dengan 2019, yang membantu Endgame berhasil menyalip Avatar, namun Endgame pada akhirnya berhasil menggeser Avatar menjadi film dengan produksi film terbesar sepanjang sejarah. James Cameron sendiri menanggapi dengan santai hal ini, bahkan dia menyebutkan bahwa kesuksesan Endgame menjadi sebuah pertanda bahwa Avatar 2 harus bisa lebih sukses.

Film sekuel Avatar tersebut pada akhirnya akan dirilis pada Desember 2021 mendatang, dan menarik untuk menantikan bagaimana film ini bisa menghasilkan di box office. Dalam sebuah wawancara dengan The National, Stephen Lang, yang berperan sebagai Kolonel Quaritch dalam sekuel Avatar ini, berharap bahwa Avatar 2 bisa lebih sukses dari Endgame.

James Cameron dikenal sebagai sutradara yang gemar untuk melakukan berbagai eksperimen dengan teknologi perfilman, demi menghasilkan sebuah karya yang bernilai masterpiece seperti film Avatar. James Cameron bahkan butuh waktu sampai bertahun-tahun untuk membuat sekuel filmnya karena dia menunggu teknologi yang tepat untuk bisa digunakan dalam filmnya.

Di tahun 2021 sendiri akan ada banyak film yang dirilis, mulai dari film produksi DCEU maupaun MCU yang akan bersaing dengan Avatar 2. Khusus di bulan Desember 2021, Avatar 2 akan berhadapan langsung dengan Black Adam. Film tersebut akan dibintangi oleh Dwayne Johnson dan tentunya Warner Bros. tidak akan setengah-setengah untuk memproduksi filmnya.

Berdasarkan pertarungan Star Wars / Jumanji pada 2019 kemarin, ada kemungkinan jika film Avatar 2 akan sulit mendapatkan hasil yang sama dengan film pertamanya. Angka USD 2.797 milliar merupakan angka yang sangat besar, dan menjadi sebuah patokan yang sangat tinggi. Tapi, bukan berarti hal yang mustahil untuk bisa melampaui angka tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Avatar 2 akan mampu mengulang kesuksesan yang sama.

FOLLOW US