The Taskmaster akan menjadi villain utama dalam filmsolo Black Widow. Hal ini diperilihatkan dalam berbagai trailer resmi filmnya, dimana Taskmaster mencoba untuk menghabisi nyawa dari Natasha Romanoff dan juga Yelena Belova. Taskmaster sendiri bukanlah seorang villain biasa, oleh karena itu dia akan sangat memberikan sebuah keseulitan besar bagi Natasha yang juga keluarganya.

Sama seperti beberapa karakter utama dalam film ini, Taskmaster merupakan salah satu karakter baru yang coba diperkenalkan dalam di MCU. Namun, dalam cerita komiknya Taskmaster sudah menjadi salah satu musuh utama dari Natasha Romanoff. Lalu, siapa sebenarnya Taskmaster?

Taskmaster Versi Komik

Karakter Taskmaster pertama kali diperkenalkan di komik Avengers #195 yang dirilis pada tahun 1980. Kemudian baru pada edisi #196 kita mulai diperkenalkan dengan cerita origin dari Taskmaster. Dia mengungkapkan jati dirinya kepada Ant-Man, Yellow Jacket, dan The Wasp, setelah mereka secara tidak sengaja membongkar salah satu sekolah rahasia untuk para penjahat milik Taskmaster.

Taskmaster kemudian mempraktekan kemampuannya kepada mereka. Dia mampu mengalahkan para pahlawan tersebut dengan menggunakan senjata dan gaya bertarung yang mereka praktekan. Taskmaster kemudian menjelaskan jika dirinya memiliki kemampuan untuk menirukan berbagai hal apapun sejak kecil. Setelah lulus SMA, Taskmaster sempat bercita-cita untuk menjadi seorang pahlawan dan juga seorang villain

Namun, keinginan tersebut batal setelah dia menganggap bahwa menjadi seorang pahlawan tidak akan mendatangkan keuntungan. Selain itu menjadi seorang kriminal berkostum juga terlalu beresiko bagi hidupnya. Akhirnya dia muncul dengan sebuah ide untuk membuat sekolah khusus dan menjadi guru untuk siapapun yang mau membayarnya. Selama bertahun-tahun, Taskmaster sudah melatih berbagai karakter baik villain maupun pahlawan.

Selama bertahun-tahun itu pula Avengers selalu berusaha untuk menangkap Taskmaster dan menggagalkan usahanya, tapi usaha mereka selalu gagal. Taskmaster pernah bekerja untuk organisasi A.I.M. dan juga Hydra. Dia kemudian mendapatkan pengampunan penuh setelah bekerja untuk S.H.I.E.L.D.. Taskmaster diberikan tugas untuk melakukan serangkaian tes keamanan untuk Hellicarrier yang baru saja dibuat oleh S.H.I.E.L.D. dan tugas tersebut pun sukses.

Cerita Origin Taskmaster Lainnya

Cerita origin Taskmaster kemudian dilanjutkan dalam mini serinya yang dirilis pada 2010. Dalam ceritanya, Taskmaster merupakan seorang agen S.H.I.E.L.D. dengan nama Tony Masters. Berbeda dengan versi sebelumnya, dimana kemampuan menirukan yang dia miliki berasal dari bakat alami, dalam versi modern ini Taskmaster mendapatkan kekuatan untuk menirukan berbagai gerakan setelah dia disuntikan serum. Serum tersebut merupakan serum Super Soldier, seperti yang disuntikan kepada Steve Rogers.

Formula tersebut bekerja secara sempurna, dengan Tony sekarang yang memiliki reflek yang bagus dan kemampuan fisiknya meningkat drastis. Efek samping dari formula tersebut adalah dia harus kehilangan ingatan pribadinya. Semakin banyak dia menirukan gerakan atau menggunakan kekuatan tersebut, semakin banyak ingatan tentang masa lalunya yang hilang. Efek samping ini membuat dia lupa jika dirinya adalah agen S.H.I.E.L.D. dan melupakan istrinya, Mercedes Merced.

Sisi positifnya adalah berkat bantuan dari Merced, S.H.I.E.L.D. bisa mengetahui kegiatan atau aktifitas para villain yang belajar dari sekolah milik suaminya tersebut dan mengetahui apa rencana mereka dengan menyewa jasa Taskmaster.

Kekuatan Taskmaster

Berkat serum yang disuntikan kepadanya, Tony kemudian memiliki kemampuan yang disebut sebagai “Photograpic Reflexes” yang memungkinkan Tony untuk menirukan gerapa sesulit apapun. Selain mampu menirukan gerakan, Tony juga memiliki “Photographic Memory” yang membuat Tony bisa mengingat hal detail apapun dari apa yang sudah dia lihat.

Meskipun Taskmaster memiliki semua kemampuan yang mengagumkan tersebut, Tony hanya bisa melakukannya dalam jangka waktu tertentu. Tapi, berkat latihan dan kemampuannya Tony mulai belajar berbagai kemampuan dari superhero lainnya. Dia belajar akrobatik dari Spider-man, belajar menembak sasaran dengan tepat dari The Punisher dan Hawkeye, belajar bela diri dari Shang-Chi dan Iron Fist, dan bahkan dia belajar melemparkan tameng seperti Captain America.

Berkat kemampuan ini, Taskmaster pernah mengalahkan Captain America dan Iron Man secara bergiliran. Satu-satunya karakter yang tidak akan mungkin dia tirukan kemampuannya adalah Wade Wilson alias Deadpool. Dia juga kalah dalam pertarungan satu lawan satu dengan Deadpool. Namun, kelemahan dari kekuatan ini adalah semuanya bergantung kepada ingatannya. Ketika ingatan Tony pudar, semua gerakan dan kemampuan yang sudah dia pelajari tidak akan terlalu berjalan efektif.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.