Dalam cerita di seri Dragon Ball Z dan Dragon Ball Super, Gohan tidak pernah mendapatkan kekuatan Super Saiyan ketika dia mencapai Ultimate Form. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Padahal Gohan sendiri merupakan salah satu karakter terkuat dalam cerita Dragon Ball. Dia juga merupakan salah satu anak dari Goku, karakter protagonis utama dalam ceritanya.

Gohan sendiri sebenanrnya mampu mencapai tiga level kekuatan: Super Saiyan, Super Saiyan 2, Ultimate Form. Gohan adalah karakter utama yang mampu mencapai level kekuatan Super Saiyan 2 dan Ultimate form dalam waktu bersamaan. Gohan juga tidak kalah bersemangat dengan para petarung terkuat, seperti Top dan Dyspo dalam Tournament of Power di cerita Dragon Ball Super.

Hal inilah yang sempat membuat banyak fans Dragon Ball bertanya-tanya saat Buu Saga berlangsung. Tapi, akhirnya seri Dragon Ball Super mampu menjelaskan alasan mengapa Gohan tidak berubah menjadi Super Saiyan.  Gohan sendiri mengatakan bahwa dia sudah tidak memerlukan hal tersebut lagi. Menurutnya, Ultimate form adalah jurus atau level kekuatan yang bisa dia lakukan, oleh karena itulah dia lebih memilih untuk “mengejar” atau menyempurnakan form ini.

Versi manga dari Tournament of Power sendiri mendukung argumen tersebut ketika pertarungan Gohan dengan Kefla terjadi (pertarungan ini tidak muncul di animenya). Ketika Kefla menanyakan mengapa dia tidak berubah menjadi Super Saiyan, Gohan mengkonfirmasi bahwa tidak berubah menjadi Super Saiyan adalah keputusannya.

Dengan tidak menjadi Super Saiyan, Gohan mencoba untuk menonjolkan sisi manusia dari dalam dirinya. Berbeda dengan Goku dan Vegeta, yang pada dasarnya adalah makhluk Saiyan murni, Gohan merupakan pencampuran antara manusia dan Saiyan. Perlu juga diingat bahwa Gohan memiliki alasan yang baik untuk tidak melakukan dan tidak membutuhkan Super Saiyan.

Dengan Grand Kai yang sudah membuka potensinya dimana Gohan bisa mengakses seluruh kekuatannya ketika dia mendapatkan pedang Z, berubah menjadi Super Saiyan dirasa tidak akan berbuat apa-apa ketika dia sedang dalam Ultimate form. Jikapun Gohan mampu menggunakan Super Saiyan 3, rasanya tidak ada lagi tenaga atau kekuatan yang bisa digunakan dari dalam tubuhnya.

Rencana yang ada dalam diri Gohan adalah bertambah kuat dengan cara memanfaatkan kekuatan Ultimate form, yang artinya dia tidak akan – bahkan tidak berusaha untuk meraih – transformasi Super Saiyan God atau Super Saiyan Blue. Mungkin juga dia tidak mampu untuk mengakses kekuatan Ultra Instinct yang dimiliki Goku dan Vegeta. Tapi, bukan berarti Gohan tidak bisa berkembang menjadi petarung yang lebih hebat lagi di masa depan. Apa yang dia ungkapkan menunjukan bahwa dia masih berencana untuk terus bertambah kuat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.