Epiosode terbaru dari series Batwoman memperkenalkan kita pada sosok anak dari Joker, Duela, yang mengkonfirmasi bahwa dia memang ada di Arrowverse. Meskipun versi Duela di Arrowverse tidak menggunakan topeng yang terbuat dari kulit manusia seperti komiknya, adegan ketika dia melihat dirinya sendiri di cermin di awal episode mengkonfirmasi bahwa dia adalah Duela.

Dalam komiknya sendiri Duela memiliki nama lengkap Duela Dent. Dia pada awalnya merupakan musuh bagi Robin dalam komik Batman Family #6. Duela mencoba menantang Robin untuk menebak siapa identitas aslinya. Pada akhirnya Dick Grayson berhasil mendeduksi siapa Duela, yang merupakan putri dari Two-Face. Dia kemudian diminta untuk bergabung dengan Teen Titans demi menebus kesalahan keluarganya.

Setelah peristiwa Crisis on Infinite Earths, Duela kemudian menggunakan nama Harlequin dan kemudian terungkap bahwa Duela sebenarnya bukan putri dari Two-Face, melainkan putri dari Three-Face, seorang pahlawan dari Earth-3. Duela kemudian diberikan cerita origin yang lebih gelap lagi setelah DC meluncurkan New 52 pada 2011.

Dikenal sebagai Duela, gadis yang kemudian dikenal sebagai putri dari Joker tersebut merupakan seorang anak yang memang bermasalah, baik secara sikap maupun secara mental. Duela kabur dari rumahnya setelah mereka memaksa Duela untuk melakukan operasi plastik, setelah Duela melukai wajahnya dengan pemotong untuk menggambar senyum di wajahnya.

Duela kemudian tinggal di gorong-gorong kota Gotham, dan dia pun kemudian menemukan potongan wajah dari Joker (yang sengaja memotong wajahnya sebagai bagian dari rencana jahatnya). Duela kemudian menggunakan potongan wajah Joker tersebut ke wajahnya. Dia kemudian berubah dan menjadi terobsesi untuk membuktikan dirinya sendiri bahwa dia adalah penerus dari Joker.

Dalam episode “Grinning Ear To Ear” Duela coba diperkenalkan di Arrowverse, meskipun cerita originnya memadukan dua versi cerita origin versi komiknya. Dengan memiiki nama Dent di belakangnya, dia dikabarkan merupakan keponakan dari jaksa wilayah Harvey Dent. Duela diceritakan sebagai bagian dari keluarga kelas atas dan ibunya selalu memaksa Duela untuk memenuhi setiap ekspektasinya.

Duela yang sudah muak dengan ibunya, kemudian ketika dia menggunakan make-up dan melihat dirinya di cermin, dia hanya melihat sosok yang menyedihkan. Duela kemudian menghancurkan cermin tersebut dan menggunakan serpihan kacanya untuk membuat senyuman di wajahnya. Mungkin hal ini bisa jadi sebuah penghormatan terhadap Joker versi Heath Ledger.

Episode itu kemudian menceritakan tentang kota Gotham yang sedang heboh dengan penyerangan berbagai influencer di media sosial, khususnya para influencer kecantikan. Pelakunya tidak melukai tubuh korban kecuali wajahnya. Kate kemudian berhasil meneluri kasus ini dan berujung pada sosok Duela. Dia beranggapan bahwa Duela ingin “membebaskan” wanita lain yang ada di sekitarnya dari berbagai anggapan tentang cantik yang sempurna.

Di akhir episode, Duela ternyata “disakiti” oleh Alice yang memotong wajahnya sebagai bagian dari rencananya. Namun, Duela sendiri mengaku kepada polisi yang menemukannya bahwa dia tidak keberatan dengan keadaannya. Dia justru merasa senang dengan keadaan tersebut, disaat para polisi begitu ngeri melihat keadaan Duela. Masih belum diketahui apakah kemudian Duela akan menggunakan identitas putri dari Joker atau muncul di kemudian hari.

FOLLOW US