Siapa yang tidak kenal dengan Venom, symbiote alien yang memberikan kekuatan dahsyat kepada para inangnya. Selain kekuatan yang besar, Venom juga merubah jalan berpikir inangnya, seolah mengendalikan tubuh tersebut sesuai dengan keinginannya. Yang paling populer adalah tubuh dari inangnya tersebut akan berubah, menyesuaikan diri dengan sosok Venom yang mengerikan.

Symbiote dari ras alien Kylantar ini ternyata pernah “menghinggapi” orang-orang atau karakter Marvel selain Eddie Brock. Banyak diantaranya adalah superhero. Berikut adalah beberapa superhero Marvel yang pernah menjadi Venom.

Spider-Man

Dalam peristiwa Secret Wars, Spider-Man pernah merasakan bagaimana dikendalikan oleh sosok symbiote Venom. Spider-Man yang sedang berada di jalanan tiba-tiba terkena symbiote dari Benom. Hal itu membuat penampilannya berubah, terutama dari kostum yang dia gunakan. Jika biasanya kostumnya berwarna merah dan biru, kini menjadi warna hitam dan putih.

Meskipun Venom memberikan Spidey sebuah penampilan yang menarik – bahkan lebih keren dibandingkan kostum klasiknya – ada dampak buruk yang muncul. Venom mencoba untuk mengambil alih tubuh Peter ketika dia tidur dan kemudian pergi ke jalanan kota. Peter kemudian membuang kostumnya tersebut, dan dia berhasil mengalahkannya dengan cara menguatkan mentalnya dan disertai oleh suara berisik dari lonceng bel gereja.

Deadpool

Dalam cerita Secret Wars, sebenarnya Deadpool adalah sosok Superhero yang pertama kali terjangkit symbiote Venom dan mendapatkan kostum berwarna hitam. Wade tidak senang dengan apa yang ada di dalam tubuhnya, apalagi ketika dia menyadari bahwa Venom mencoba untuk mengendalikan tubuhnya. Akhirnya dia pun membuang symbiote tersebut, sebelum akhirnya ditemukan oleh Spider-Man.

Dalam cerita Back in Black, Deadpool kemudian kembali menjadi inang bagi Venom. symbiote tersebut tiba pada waktunya untuk membantu Deadpool dalam sebuah pertarungan. Deadpool kemudian memiliki kemampuan Spider-Man karena sebelumnya menjadi inang bagi Peter. Dia bisa berayung di tengah-tengah gedung dan memiliki Spider-Sense. Sampai akhirnya dia kembali membuangnya dan menyatu dengan Eddie Brock.

Wolverine

Wolverine juga pernah merasakan bagaimana menjadi inang bagi symbiote Venom, seperti yang diperlihatkan dalam cerita Web of Venom. Bahkan, Wolverine mejadi inang bagi Symbiote sebelum Spider-Man, Eddie Brock, dan bahkan Deadpool menjadi inang bagi Venom. Hal tersebt terjadi ketika Logan masih bergabung dalam perang Viietnam dan symbiote tersebut berhasil menyelamatkan nyawanya.

Meskipun symbiote tersebut hanya sebentar di tubuh Wolverine, dia menjadi mengerti tentang rasnya dan apa tujuannya. Mengetahui bagaimana nasib para symbiote lainnya – dikurung dan diciptakan menjadi senjata – membuat Logan menjadi simpati kepada mereka.

Spider-Gwen

Spider-Gwen merupakan versi alternatif dari Gwen Stacey, dimana dalam universe tersebut yang digigit oleh laba-laba terkena radiasi itu bukanlah Peter Parker melainkan Gwen Stacey. Suatu ketika, Gwen kehilangan kemampuan laba-labanya, dan akhirnya dia pun menyatu dengan kekuatan symbiote dan menjadi inang bagi mereka dengan harapan symbiote tersebut bisa mengembalikan kekuatannya.

Berbeda dengan yang lain, Stacey mampu mengendalikan symbiote yang menyatu dengan tubuhnya. Bahkan dia bisa mengatur kapan saja dia bisa berubah menjadi Venom. Symbiote dalam diri Gwen memang terlihat lebih membantu dibandingkan symbiote yang lain. Namun, pada akhirnya Gwen dan symbiote tersebut berpisah.

Mutiple Man

Inang lainnya dari symbiote Venom adalah Multiple Man, alias Jamie Madrox. Multiple Man adalah seroang mutan yang kekuatannya adalah mampu menduplikasi dirinya sendiri sesuka hati dengan menggunakan energi kinetik. Hal ini terjadi dalam komik Old Man Logan Vol . 1, dimaa Multiple Man menjadi inang dari Venom dalam sebuah pertarungan melawan Hawkeye.

Dengan kemampuannya untuk menduplikasi diri dan juga ditambah kekuatan symbiote, membuat dia mampu menciptakan pasukan Venom. Hawkeye dan timnya berhasil dikalahkan dengan menggunakan api, dan sebagian lainnya menjadi santapan T-Rex.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2