Kaido merupakan protagonis utama dalam arc Wanokuni, selain Kurozumi Orochi dan juga Big Mom. Seperti yang dijelaskan dalam flashback Oden, Kaido merupakan kekuatan yang dibawa oleh Orochi untuk membantunya mengendalikan Wano. Karena, tentunya tanpa ada bantuan pasukan yang kuat mustahil jika rencananya akan berjalan dengan sangat baik dan karena itulah dia kemudian mengajak Kaido kerja sama.

Kaido membangun berbagai pabrik senjata dan hal lainnya di Wano, sedangkan Orochi mendapatkan perlindungan dan juga jaminan keselamatan dari berbagai serangan. Tapi, apa sebenarnya tujuan Kaido? Apakah dia sudah menyerah dengan hidupnya sehingga kemudian dia mau membantu Orochi? Seperti yang kita tahu, Kaido adalah makhluk paling kuat di dunia.

Hampir tidak ada yang bisa membunuhnya, atau bahkan melukainya. Sudah sering Kaido frustasi dengan keadaannya, yang sulit untuk mati. Bukan hanya dia sering gagal dieksekusi, dia juga sering kali gagal membunuh dirinya sendiri. Dengan situasinya tersebut, tentunya membuat kita penasaran tentang apa sebenarnya tujuan hidup dari Kaido yang sebenarnya.

Kita pernah melihat bagaimana Kaido berusaha untuk menciptakan sebuah perang besar yang terjadi di dunia One Piece. jika hal ini terjadi, tentunya dunia akan menjadi tidak seimbang dan bila itu terjadi maka keadaan akan sangat kacau. Kaido juga pernah hampir pergi ke Marineford untuk ikut bertarung dalam momen besar tersebut, bertarung melawan Whitebeard dan kemudian mati.

Kaido sangat memuja kekuatan, dan hal itu diperlihatkan dalam setiap pertarungannya. Hal ini menuntun kita pada kejadian dimana Kaido sengaja membunuh istri dari Hyougoro. Kaido, bisa dibilang, cemburu dengan kekuatan yang dimiliki oleh Kozuki Oden yang mampu bertahan dengan kekuatannya di dalam sebuah minyak panas. Namun, pada akhirnya Kaido tetap mengeksekusinya dengan cara yang cukup kejam.

Sifat Kaido saat ini bisa jadi dikarenakan adanya pengaruh dari Rocks D. Xebec, mantan kaptennya. Bersama dengan Big Mom, Shiki, Whitebeard, dan nama lainnya mereka pernah berada dalam kapal yang sama. Rocks adalah sosok yang ditakuti, apalagi dengan kekuatannya yang sangat luar biasa. Dia adalah pria yang juga memuja kekuatan, sosok yang membuat Kaido menjadi seperti saat ini.

Masing-masing mereka tentunya memiliki tujuan kehidupan sendiri, misalnya Whitebeard yang ingin membangun sebuah keluarga. Hal ini juga dirasakan oleh Kaido, dimana dia ingin jadi yang terkuat. Kaido sendiri pernah mengatakan bahwa Roger dan Whitebeard adalah sosok yang “lemah” dan hal itu tentunya kontras dengan apa yang diperlihatkan oleh Rocks.

Roger, Whitebeard, dan Oden adalah tiga orang yang membuat Kaido seperti saat ini. Mereka memiliki apa yang diinginkan oleh Kaido, kekuatan yang sangat dahsyat. Tapi, mereka memiliki apa yang tidak dimiliki oleh Kaido yaitu ketidak abadian. Menjadi seorang manusia biasa, namun tetap memiliki kekuatan yang dahsyat. Itulah bisa jadi tujuan utama dari seorang Kaido. Bukan berarti dia senang dengan kematian, hanya saja Kaido merasa tersiksa dengan apa yang terjadi pada dirinya,

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.