Diantara kru topi jerami, Zoro merupakan kru terkuat kedua setelah Luffy. Zoro, Sanji, dan Luffy dianggap sebagai tiga kru terkuat dari topi jerami. Nilai buruannya pun lebih tinggi jika dibandingkan dengan kru lainnya, selain Luffy. Berbeda dengan Luffy, Zoro bukan ingin menjadi raja bajak laut melainkan ingin menjadi ahli pedang paling kuat di dunia.

Usaha itu didukung dengan latihan yang keras, dan juga kemampuan yang ada dalam diri Zoro. Selain kemampuan berpedang yang dia peroleh sejak masih kecil, Zoro juga memiliki kemampuan Haki yang membuatnya menjadi lebih kuat. Diketahui jika Zoro memiliki kemampuan Armament Haki, sama seperti Sanji. Haki tersebut membantunya dalam setiap pertempiran melawan musuh-musuh yang kuat.

Seperti yang kita tahu, Hiyori memberikan pedang peninggalan ayahnya, Enma, kepada Zoro sebagai pengganti pedang Shushui yang dikembalikan ke Wano. Enma bukan pedang biasa. Pedang milik Oden ini merupakan pedang yang sangat sulit untuk dikendalikan. Dan diketahui hanya Oden yang mampu menaklukan pedang tersebut (bersama dengan Ame no Habakiri).

Bukti ketangguhan pedang ini adalah bekas luka di bagian perut Kaido, dan ketika Zoro mengayunkan pedangnya sebagian bukit pun terpotong oleh pedang tersebut. menurut Tenguyama, pedang Enma memiliki kemampuan untuk menyerap kekuatan atau tenaga dari sang penggunanya. Jika dia tidak terlatih, maka penggunanya akan cepat lelah dan tidak akan mampu mengendalikan pedang ini.

Menariknya, meskipun sempat kaget dan merasa kelelahan Zoro berhasil menghentikan kekuatan Enma untuk menyerap Hakinya. Bagaimana hal itu bisa dilakukan? Bisa jadi karena Zoro sebenarnya memiliki Haki penakluk yang belum kita ketahui. Dia menggunakan Haki tersebut tepat saat Enma mulai menyerap Haki miliknya.

Hal ini juga menimbulkan sebuah pertanyaan besar, bagaimana jika para pengguna Haki penakluk ini mampu menyerap Haki milik orang lain ketika mereka menggunakannya? Haki yang terserap itu kemudian masuk ke dalam tubuh pengguna Haki penakluk, dan secara permanen akan membuat dia semakin kuat. Ketika dia sudah bertambah kuat, maka orang tersebut bisa menyerap Haki miliki seseorang yang jauh lebih kuat lagi.

Mungkin bisa jadi inilah alasan mengapa Kozuki Oden menjadi sosok yang sangat kuat. Contohnya adalah dia mampu menahan rasa panas ketika dia direbus dalam minyak panas, ketika eksekusinya berlangsung. Bisa jadi ini juga yang menjadi alasan mengapa dia bisa bertarung melawan Gol D. Roger di sebuah pulau, bersama dengan Whitebeard. Mungkin, tinggal menunggu waktu bagi Zoro untuk memperlihatkan kemampuan Haki penakluknya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.