Kekkei Genkai merupakan salah satu jurus yang paling mematikan dalam cerita Naruto. Ada banyak sekali Kekkei Genkai dalam ceritanya, namun salah satu yang paling kuat adalah Rinnegan. Rinnegan bahkan disebut-sebut sebagai salah satu dari tiga Dojustu terbaik, dan tidak semua orang mampu mengakses kekuatan Rinnegan karena hanya mereka yang memiliki kekuatan besar saja yang bisa menggunakan teknik yang mampu mengendalikan hidup dan mati ini.

Hanya ada dua makhluk biasa, yang diketahui mampu memiliki Rinnegan, yang membuktikan bahwa kekuatan Rinnegan adalah kekuatan yang sangat langka. Meskipun menjadi salah satu yang terkuat, beberapa Kekkei Genkai lainnya mampu menandingi kemampuan Rinnegan. Apa saja?

Tenseigan

Tenseigan merupakan kekkei Genkai yang dimiliki oleh klan Otsutsuki dan hanya beberapa orang saja dari klan tersebut yang diketahui memiliki kemampuan ini. Tenseigan bisa diaktifkan bila seseorang memiliki kemampuan Byakugan dan dipadukan dengan darah milik klan Otsutsuki. Sejauh ini, baru Hamura Otsutsuki dan Toneri Otsutsuki yang diketahui memiliki kemampuan Tenseigan.

Tidak diragukan lagi, kekuatan dari Tenseigan tentunya sangat luar biasa, meskipun ada beberapa elemen dari Tenseigan yang mirip dengan Rinnegan. Ketika Tenseigan diaktifkan, penggunanya bisa dengan mudah menghancurkan planet seperti bumi atau bulan bila memang dia mau melakukannya. Benar-benar menjadi rival yang sangat seimbang.

Six Paths Sage Mode

Six Paths Sage Mode bisa dibilang salah satu kekuatan terbesar yang pernah dimunculkan dalam cerita Naruto, selain Rinnegan. Kekuatan ini dimiliki oleh Naruto Uzumaki, setelah sang Sage Six Paths, Hagoromo Otsutsuki, memberikan sebagian besar kekuatannya kepada Naruto. Kekuatan ini terbukti sangat menakjubkan, dimana Naruto ketika menggunakan kekuatan ini mampu mengalahkan Madara Uchiha.

Padahal, awalnya Naruto bahkan sama sekali tidak bisa membalas serangan-serangan yang dilancarkan oleh madara. Meskipun Hagoromo merupakan pemilik dari kekuatan ini, kemampuan Six Paths Sage Mode semakin menjadi kuat setelah diberikan kepada Naruto.

Karma

Karma merupakan kekuatan yang menarik yang pertama kali dimunculkan dalam cerita Boruto: Naruto Next Generations. Meskipun masih belum diketahui bagaimana cara seseorang mendapatkan kemampuan Karma, sepertinya hal ini bisa didapatkan ketika mereka berhasil membunuh salah satu dari anggota klan Otsutsuki.

Boruto Uzumaki, Jigen, dan Kawaki adalah beberapa orang yang diketahui memiliki kemampuan ini. Kemampuan dasar Karma mampu membuat penggunanya menghisap ninjutsu milik musuh atau orang lain dan kemudian ninjutsu tersebut dikonversikan menjadi sebuah energi yang sangat besar dan mematikan. Kemampuan lainnya jauh lebih kuat lagi dan memberikan penggunanya penampilan yang mirip dengan klan Otsutsuki.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

FOLLOW US