Superman memiliki Lex Luthor sebagai musuh bebuyutannya, Batman memiliki Joker, Captain America dan Red Skull. Pertarungan antara karakter hero dan villain dalam cerita komik memang tidak akan pernah berhenti untuk bisa menghibur para fans. Karakter Spider-Man juga memiliki satu musuh bebuyutan, yang selalu menjadi mimpi buruk bagi Peter, yaitu Green Goblin.

Pada awalnya, Green Goblin tidak dibuat untuk menjadi musuh bebuyutan Spider-Man. Namun, tanpa diduga ternyata Green Goblin menjadi salah satu karakter favorit para fans Marvel. Berapa kali pun Green Goblin berhasil ditaklukan, dia pasti memunculkan cara untuk terus bisa kembali meneror sang manusia laba-laba. Ada beberapa karakter yang pernah menggunakan topeng Green Goblin. Siapa saja?

Norman Osborn

Pertama kali diperkenalkan sebagai seorang villain baru dalam komik Amazing Spider-Man #14, Green Goblin pertama dan paling populer ini tidak memperlihatkan siapa identitas aslinya, sampai 25 volume kemudian. Norman Osborn, seperti yang kita ketahui, merupakan ayah dari sahabat Peter Parker, Harry Osborn. Norman menciptakan sebuah serum yang memberikannya peningkatan dari segi kecerdasan, dan kekuatan.

Tapi, yang paling mengerikan adalah serum tersebut justru membuatnya gila dan jahat. Dan itulah yang kemudian membuat Norman menajadi seorang villain dengan nama Green Goblin. Sudah sering Norman berusaha menghancurkan hidup Peter, salah satu contohnya adalah dengan membunuh Gwen Stacy. Norman juga bahkan pernah menjadi direktur S.H.I.E.L.D., dan menguasai dunia.

Harry Osborn

Harry Osborn memiliki masalah dengan sikapnya, terutama kepada kekasihnya yaitu Mary Jane Watson. Hal itulah yang membuat MJ kemudian pergi meninggalkan Harry. Harry kemudian melihat pertarungan Spider-Man melawan Green Goblin, yang mana dalam pertarungan tersebut Green Goblin kalah dan mati. Namun, yang membuatnya kaget adalah sosok dibalik topeng tersebut yang ternyata ayahnya.

Harry menyalahkan Spider-man atas kejadian tersebut, dan bersumpah untuk membunuh Spider-Man atas apa yang dia lakukan. Yang membuat Harry semakin marah adalah ketika dia mengetahui jika Spider-man adalah sahabatnya sendiri, Peter Parker. Akhirnya dia pun menggunakan serum Green Goblin yang pernah digunakan ayahnya, dan kemudian memburu Spider-Man.

Barton Hamilton

Usaha Harry memburu Peter gagal, yang akhirnya membuat dia ditangkap dan dipenjara. Harry kemudian ditolong oleh seorang ahli kejiwaan kriminal bernama Dr. Barton Hamilton, untuk menyembuhkan masa lalunya. Namun, ternyata ada niat tersembunyi dalam diri Dr. Hamilton. Ketika dia sedang menghipnosis Harry, dia juga sempat menanyakan dimana keberadaan alat-alat Green Goblin.

Dia pun kemudian menjadi Green Goblin ketiga, dan dengan menggunakan peralatan tersebut Barton mencoba untuk membuktikan dirinya yang terbaik kepada para bos dan mafia yang ada di New York. Dia membuktikannya dengan cara memburu dan berusaha membunuh Spider-Man. ternyata rencana ini juga tidak berhasil setelah seorang supervillain, Silvermane, menghentikan usaha Barton. Selain itu, dia juga terbunuh dalam pertarungannya dengan Harry Osborn yang marah melihat Barton melakukan hal tersebut.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.